Delapan Fraksi setujui RAPBD 2015 Kota Jayapura dengan Catatan

share on:
Penyerahan pandangan umum fraksi-fraksi di dprd kota jayapura (Jubi/Sindung)
Penyerahan pandangan umum fraksi-fraksi di dprd kota jayapura (Jubi/Sindung)

Jayapura, Jubi -Meski kedelapan Fraksi DPRD Kota Jayapura akhirnya menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Jayapura Tahun 2015 akan tetapi ada beberapa catatan yang diberikan.

Fraksi PDI P melalui Noos Jikwa mengatakan adanya pembahasan, masukan dan kritikan yang disampaikan jangan hanya menjadi rutinitas biasa semata, yang sering diibaratkan berbalas pantun antara eksekutif.
“Kami harap nantinya dapat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Marthen Bosawer dari Fraksi Partai Golkar menyampaikan agar dibentuk tim yang melibatkan eksekutif dan legislatif untuk berkonsultasi atau menyampaikan pendapat kepada Mendagri dan Menteri Keuangan tentang kondisi Papua yang seharusnya tidak bisa disamakan dengan kondisi di daerah lain.
“Partai Golkar meminta agar eksekutif menyerahkan Rancangan Kebijakan Anggaran (RKA) masing-masing SKPD dan nomenklaturnya serta pergeseran nominal agar dikoordinasikan dengan dewan,” kata Marthen Bosawer.

Jan Willem Ongge anggota DPRD Kota Jayapura dari Partai Gerindra memberikan catatan agar penganggaran dana otsus benar-benar transparan dan jelas sehingga dirasakan manfaatnya bagi Orang Asli Papua secara khusus dan masyarakat Kota Jayapura.
“Pendapat fraksi Gerindra ini merupakan satu kesatuan yang tidak dipisahkan dengan pemandangan umum Gerindra,” kata Jan Willem Ongge.

Selain itu, Gerindra meminta agar hearing SKPD harus ditindaklanjuti dan eksekutif diminta untuk memperhatikan masalah angkutan umum.

Sedangkan Sarce Sorreng dari Partai Hanura mengatakan sedikit kecewa sebab apa yang telah ditetapkan SKPD di RAPBD 2015 tidak dapat bergeser meskipun melalui hearing dan saran-saran yang telah dilaksanakannya.
Hanura juga berharap di tahun mendatang agar Kantor Distrik Jayapura Utara diperhatikan pembangunannya agar lebih  representatif.
“Kantor kelurahan juga hendaknya dilengkapi dengan fasilitas berupa komputer, kursi, meja yang memadai sebagai ujung tombak pelayanan,” ujarnya. (Sindung Sukoco)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Delapan Fraksi setujui RAPBD 2015 Kota Jayapura dengan Catatan