Masyarakat di Kampung Sabon Akan Terima 1000 Ekor Itik, 20 Kerbau

share on:
Kepala Distrik Waan, Frederikus Buer sedang memberikan laporan saat kunjungan Bupati Merauke di Kampung Sabon beberapa waktu lalu

Merauke, Jubi- Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Merauke, Hanok Untanaja mengatakan, pemerintah setempat akan memberikan seribu ekor itik dan 20 kerbau bagi masyarakat di Kampung Sabon, Distrik Waan. Rencananya, awal tahun 2015 mendatang, dua jenis ternak tersebut, sudah diantar.

Hal itu disampaikan Hanok kepada Jubi di Aula Bela Fiesta Jumat (28/11). Menurutnya, dalam  kunjungan kerja Bupati Merauke, Romanus Mbaraka beberapa waktu lalu, ia juga ikut sekaligus menyampaikan lagi kepada masyarakat setempat jika akan ada bantuan itik maupun kerbau. Dan, masyarakat setempat sangat memberikan respon positif.

“Saya sudah melihat alam di Kampung Sabon dan sangat cocok untuk masyarakat memelihara sekaligus mengembangkan itik maupun kerbau. Ya, daerah di kampung tersebut termasuk basah dan banyak rawa, sehingga tentunya itik maupun kerbau akan hidup dengan sehat,” ujarnya.

Lebih lanjut Hanok mengatakan, bantuan ternak yang diberikan, tidak secara perorangan tetapi dalam bentuk kelompok. “Memang aturan mengamanatkan seperti demikian. Dimana, pemberian bantuan harus kelompok sehingga dapat diurus secara bersama-sama,” tuturnya.

Dikatakan, untuk sementara, pemberian itik dan kerbau masih uji coba dan jika berhasil, akan dikembangkan di kampung-kampung lain. “Ada beberapa kampung sekitar  yang meminta ternak juga. Hanya saja, kami masih fokus di Kampung Sabon. Jika dalam perjalanan dianggap berhasil dan memberikan manfaat, maka akan dikembangkan di kampung lain,” katanya.

Ditambahkan, pada tahun 2015 juga akan diberikan bantuan ternak di beberapa distrik lain seperti Tabonji maupun Ilwayab. Bantuan yang diminta adalah babi. “Nantinya akan diatur secara bersamaan untuk dilakukan pendropingan kesana,” katanya.

Kepala Distrik Waan, Frederikus Buer mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik dengan adanya pemberian itik maupun kerbau bagi masyarakat di Kampung Sabon. “Saya jamin kedua jenis hewan itu, akan berkembang biak dengan baik. Karena alam di kampung tersebut sangat memungkinkan,” ujar Buer. (Frans L Kobun)

 

Editor : Syam Terrajana
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masyarakat di Kampung Sabon Akan Terima 1000 Ekor Itik, 20 Kerbau