Natan Pahabol: Lanny Jaya Bisa Jadi Percontohan PAUD

share on:
Anggota DPR Papua, Natan Pahabol - Jubi/Arjuna
Anggota DPR Papua, Natan Pahabol – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Terobosan Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalom mendirikan sedikitnya 143 sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah pemerintahannya, diapreasiasi anggota DPR Papua, Natan Pahabol.

Katanya, apa yang dilakukan pemerintah daerah Lanny Jaya bisa ditiru para bupati lain di Papua, terutama yang ada di wilayah pegunungan tengah.

“Itu bisa jadi contoh bagi para bupati lain di Papua terutama Pegunungan Tengah. PAUD itu baru tiga tahun dirintis, tapi sudah memiliki 7.749 orang siswa. Bisa dikata, hampir semua anak usia dini di wilayah itu berkesempatan mendapat pengetahuan,” kata Natan Pahabol, Sabtu (29/11).

Menurutnya, niat Bupati Lanny Jaya memajukan pendidikan di wilayahnya patut diapreasiasi. Para kepala daerah lain di Papua, harus bisa melakukan hal yang sama. Jika perlu, mereka belajar dari Pemerintah Daerah Lanny Jaya.

“Bupati lain harus bisa melakukan hal yang sama. Memberantas buta aksara sangat penting. Itu harus diperjuangkan. Jangan para pemimpin di daerah hanya bicara banyak, tapi tidak melakukan sesuatu. Tapi angan sampai program di Lanny Jaya itu terhenti. Atau ketika bupati kini tak lagi menjabat, penggantinya tak melanjutkan program itu,” ucapnya.

Namun ia menyarankan Pemkab Lanny Jaya tak hanya kosenterasi pada PAUD. Tapi juga bagaimana mengajari para ibu rumah tangga yang ada di wilayah itu membaca dan menulis. Kata Natan, jika pemerintah daerah mendatangkan guru kontrak ke wilayah mereka, memang baik. Namun tak mungkin selamanya mereka akan berada di daerah itu.

“Ketika saya mendidik anak-anak selama delapan tahun di Yahukimo, saya juga mengajar baca tulis kepada para ibu rumah tangga usia 20 sampai 45 tahun. Itu penting. Mereka perlu mendapat pendidikan. Selain mengatur keluarga, ibu adalah orang yang paling berperan mendidik anaknya. Dengan pengetahuan memadai, tentu para ibu bisa mendidik anaknya dengan baik,” katanya.

Beberapa hari lalu, Gubernur Papua, Lukas Enembe meresmikan sedikitnya 143 sekolah PAUD di Lanny Jaya. Kala itu Gubernur Enembe mengatakan, semua anak di kabupaten itu harus memulai pendidikannya dari PAUD.

“Jangan ada orang tua yang masukan anaknya langsung ke Sekolah Dasar (SD). Ini agar seorang anak dipersiapkan dengan baik. Kepada masyarakat agar bisa mengikuti kerja baik bupati. Segera bawa anak anaknya ke sekolah. Dengan begitu, Lanny Jaya akan memiliki generasi muda yang cerdas, sehat dan mampu bersaing,” kata Enembe kala itu. (Arjuna Pademme)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Natan Pahabol: Lanny Jaya Bisa Jadi Percontohan PAUD