Gubernur Inginkan Satu Data untuk Pembangunan Papua

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)

Jayapura, Jubi – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe meninginkan Provinsi Papua memiliki satu data valid yang dapat digunakan untuk pembangunan Papua.Selama ini masih ada perbedaan antara data dari Badan Pusat Statistik (BPS) dengan data yang diterbitkan SKPD.

“Kalau bisa hanya ada ‘one gate system‘ data atau satu data untuk pembangunan. Sehingga penyelenggaraan pembangunan yang kami laksanakan bisa lebih tepat sasaran dan terarah,” kata Gubernur Lukas Enembe, di Jayapura, Kamis (4/12).

Dengan adanya satu data untuk pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan di daerah tidak lagi menggunakan data dengan berbagai versi, tetapi dengan menggunakan satu data untuk perencanaan pembangunan bersama.

“Akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi karena menggunakan ukuran atau indikator yang sama. Hal ini penting, kami perhatikan guna menghindari dikotomi (perbedaan data antar dua pihak yang saling bertentangan) dalam evaluasi,” kata Enembe.

Enembe berharap agar program pembangunan yang merupakan penjabaran dari visi dan misi pemerintah daerah dapat dievaluasi secara berkala untuk memastikan sudah seberapa jauh program-program pembangunan telah diimplementasikan.

Sementara itu, Asisten III bidang Umum Papua, Rosina Upessy mengatakan, ketersediaan data statistik yang lengkap dan berkualitas menjadi kebutuhan sangat mendesak bagi pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan pembangunan, maupun sebagai alat untuk melakukan evaluasi.

“Dalam kacamata perencanaan ketersediaan data saja belum cukup. Disamping itu, data yang tersedia juga haruslah berkualitas. Dengan begitu, dimensi perencanaan pembangunan akan menjadi berkualitas pula,” kata Upessy. (Alexander Loen)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Gubernur Inginkan Satu Data untuk Pembangunan Papua