John Way dan Doren Wakerkwa Divonis Bebas

share on:
Doren Wakerkwa dan John Way Persidangan, Rabu (15/10) lalu - Jubi/Aprila
Doren Wakerkwa dan John Way Persidangan, Rabu (15/10) lalu – Jubi/Aprila

Jayapura, Jubi – Dua tersangka kasus korupsi Doren Wakerkwa dan rekannya John Way, pada kasus korupsi di Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Lanny Jaya, 2011 lalu sebesar Rp 3 Miliar divonis bebas, Senin (8/12).

“Inti pertimbangan majelis hakim yang dibacakan dalam sidang tadi adalah Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Naskah Perjanjian Hibah Daerah yang harus dibuat , bukan merupakan peraturan,” kata Julianus D. Teuv, Jaksa Penuntut Umum kasus ini kepada wartawan di Pengadilan Tipikor, Abepura, Jayapura, Papua, Senin (8/11).

Menurut Julianus, itu adalah pendapat majelis hakim karena bagi pihaknya, itu merupakan syarat yang mesti dipenuhi karena sembilan orang lain dalam kasus yang sama telah dihukum dan bahkan sudah ada yang berakhir masa tahanannya.

“Sembilan orang telah menjalani hukuman dan aneh bila dua orang pemegang otoritas kewenangan justru lolos dari hukuman,” kata Julianus lagi.

Ketika ditanya wartawan terkait kemungkinan banding dalam 14 hari ke depan, Julius menyatakan pihaknya masih perlu mempertimbangkan hal tersebut.

Di tempat yang sama, John Way, salah satu terdakwa yang divonis bebas justru memberikan apresiasi kepada Pengadilan Tipikor Abepura yang dinilai professional menjalankan tugas dan fungsinya.

“Ini adalah profesionalisme kerja pengadilan yang patut diberi apresiasi karena yang kami lakukan hanya kesalahan administrasi,” kata John Way kepada wartawan seusai sidang. (Aprila Wayar)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  John Way dan Doren Wakerkwa Divonis Bebas