Jokowi Janjikan Rumah Sehat dan Rumah Pintar

share on:
Robert Jitmau (berdiri tengah) di antara mama-mama pedagang asli Papua di Pasar Sementara, Jalan Percetakan, Kota Jayapura (Jubi/facebook.com)
Robert Jitmau (berdiri tengah) di antara mama-mama pedagang asli Papua di Pasar Sementara, Jalan Percetakan, Kota Jayapura (Jubi/facebook.com)

Jayapura, Jubi – Mama-mama pedagang asli Papua di pasar Mama-Mama Papua, Jayapura, melakukan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis, Sabtu (6/12). Selain di Pasar Mama-Mama Papua, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini dilakukan juga di Pasar Phara, Sentani selama dua hari, Sabtu (6/12) sampai Minggu (7/12).

“Mama-mama di pasar kemarin melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan. Kegiatan ini sekaligus survey penyakit yang dominan dialami oleh mama-mama yang selama ini berdagang di pasar,” kata Robert Jitmau, Sekretaris Solidaritas Pedagang Asli Papua (Solpap), Minggu (7/12).

Pengobatan dan pemeriksaan kesehatan ini, lanjut Robert Jitmau, dilakukan Solpap bekerjasama dengan Kimia Farma, Universitas Cenderawasih, Rumah Sakit Dok II dan Tim Transisi Jokowi.
“Selanjutnya, Tim Transisi Jokowi akan membangun Rumah Sehat dan Rumah Pintar. Rumah sehat untuk fasilitas mama-mama sedangkan rumah pintar untuk memfasilitasi anak-anak dari mama-mama yang biasa ikut ke pasar,” tambah Jitmau, menjelaskan rencana lain dari Pemerintahan Jokowi, selain membangun pasar untuk mama-mama Papua.

Mama Yuliana Pigay, salah satu pedagang di Pasar Mama-Mama Papua menambahkan, kegiatan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di dua tempat, yakni di Pasar Mama-Mama Papua, Kota Jayapura dan Pasar Phara, Sentani, Kabupaten Jayapura.
“Di pasar Jayapura, hanya satu hari saja. Dari jam tiga sore sampai jam sembilan malam. Kalau di Pasar Phara, dua hari,” kata Mama Pigay.

Mama Pigay yang selama ini jarang memeriksakan kesehatannya karena aktivitas berjualannya dilakukan setiap hari, merasa beruntung bisa mendapatkan kesempatan berobat dan periksa kesehatan.
“Tidak hanya saya. Di Jayapura sini ada sekitar 100 mama-mama yang periksa kesehatan mereka dan berobat. Kalau di Sentani, sampai 200 orang.” kata Mama Pigay. (Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Jokowi Janjikan Rumah Sehat dan Rumah Pintar