Konsumsi Air Tidak Layak, Banyak Anak Nggolar Sudah Terserang Diare

share on:
Ketua RT 33, Dusun Anggora, Kelurahan Kelapa Lima, Distrik Merauke, Soter Nauce. (Jubi/Frans L Kobun)

Merauke, Jubi-Masyarakat di Dusun Nggolar, Kelurahan Kelapa Lima, Distrik  Merauke, mengalami kesulitan untuk mendapatkan air minum selama kurang lebih satu bulan. Untuk memenuhi kebutuhan minum, warga harus berjalan kaki kurang lebih tujuh kilometer ke Wasur Kampung untuk mengambil air disana.

Sementara untuk memasak, warga menggunakan air waduk yang selama ini biasa digunakan untuk mandi. Akibatnya, banyak anak termasuk orang dewasa sudah mulai terserang diare. Hal itu diakibatkan oleh kemarau panjang dan tidak ada sumber air yang bisa digunakan.

Ketua RT 33, Dusun Nggolar, Soter Nauce saat ditemui Jubi di Kantor Bappeda Merauke Senin (8/12) mengatakan, masyarakat yang berjumlah kurang lebih 85 kepala keluarga, benar-benar mengalami kesulitan air minum.  “Kurang lebih satu bulan, warga saya harus berjalan kaki kurang lebih tujuh kilometer mengambil air, hanya untuk diminum saja,” ujarnya.

Sedangkan kebutuhan memasak, lanjut Soter, terpaksa menggunakan air waduk yang selama ini digunakan warga untuk mandi. “Memang warna dari air tersebut sangat keruh dan tidak layak dikonsumsi. Karena  selama ini hanya dipergunakan masyarakat setempat hanya untuk mandi,” katanya.

Dengan memanfaatkan air waduk untuk memasaKonsumsi Air Tidak Layak, Banyak Anak Nggolar Sudah Terserang Diare

Merauke, Jubi-Masyarakat di Dusun Nggolar, Kelurahan Kelapa Lima, Distrik  Merauke, mengalami kesulitan untuk mendapatkan air minum selama kurang lebih satu bulan. Untuk memek, katanya, kini banyak warga terutama anak-anak sudah mulai terserang diare. “Saya datang kesini sekaligus ingin bertemu Bapak Bupati Merauke, Romanus Mbaraka untuk menyampaikan tentang permasalahan air yang sangat susah didapatkan warga setempat,” katanya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Gerard Kaize yang dimintai komentarnya mengatakan, pihaknya belum mengetahui tentang adanya  permasalahan air bersih oleh warga di Dusun Nggolar. Namun diharapkan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke cepat mengambil langkah memberikan perhatian kepada masyarakat setempat. (Frans L Kobun)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Konsumsi Air Tidak Layak, Banyak Anak Nggolar Sudah Terserang Diare