Tak Ada Uang, Distrik Tak Diberi Kewenangan

share on:
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)
Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)

Jayapura, Jubi – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan belum semua kabupaten di Papua melimpahkan kewenangan untuk distrik. Akibatnya peran seorang kepala distrik sering terabaikan, padahal merekalah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di tingkat kampung.

“Itu karena uang tidak ada,” katanya.

Enembe menilai, hal ini akibat dari pemekaran yang tanpa melihat kekuatan dana daerah. Akhirnya kewenangan itu tidak bisa diberikan ke tingkat distrik.

“Ini ketinggalan jauh, karena waktu saya jadi Bupati Puncak Jaya, distrik itu sudah jadi SKPD. Kamu mekarkan banyak-banyak baru tidak mau kasih kewenangan itu bagaimana,” kata Lukas Enembe, Minggu (7/12).

Enembe meminta pemerintah kabupaten harus memberikan sebagian kewenangan untuk distrik, karena keberhasilan distrik adalah keberhasilan kabupaten, dan keberhasilan kabupaten adalah keberhasilan gubernur.

“Saya pikir nanti kami sepakati apa-apa yang menjadi kewenangan kepala distrik penyerahan dari kabupaten,” kata Enembe.

Sementara itu, Asisten I Setda Biak Numfor, Herry Mulyana mengatakan terkait dengan penyerahan kewenangan, tahun ini pihaknya akan menyerahkan 259 kewenangan dari sektoral SKPD.

“Dengan komitmen bupati, beliau akan menyerahkan itu dalam waktu dekat sekaligus dengan penyerahan anggarannya,” kata Mulyana.

Untuk itu, pihaknya sangat ingin ada dukungan dari provinsi, terutama terkait infrastruktur dan peningkatan pendekatan pelayanan di tingkat distrik.

“Dengan komitmen luar biasa dari gubernur untuk memberdayakan distrik, itu kami sangat setuju. Mudah-mudahan semua distrik yang ada di Papua benar-benar bisa diperdayakan dan ditingkatkan tugas serta fungsi pelayanan dan kesejahteraan kepada masyarakat,” katanya. (Alexander Loen)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tak Ada Uang, Distrik Tak Diberi Kewenangan