Ketua DPD PAI Papua Lantik Ketua DPC PAI Biak Numfor

share on:
Ketua DPD.PAI Papua, Ny. Yolanda Tinal menyerahkan SK pelantikan Pengurus PAI Biak kepada KETUA DPC.PAI Biak,Ny.Susan Ondy
Ketua DPD.PAI Papua, Ny. Yolanda Tinal menyerahkan SK pelantikan Pengurus PAI Biak kepada KETUA DPC.PAI Biak,Ny.Susan Ondy

Biak, Jubi – Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Papua, Yolanda Tinal Rabu, ( 9/12 ) siang kemarin melantik Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Biak Numfor, Papua, Susan Ondy, di Gedung Wanita Biak,Papua. Pelantikan tersebut dihadiri Plt. Bupati Biak, Thomas Alfa Edison Ondy dan Sekda Biak, Frengky Korwa.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Provinsi Papua, Yolanda Tinal, dalam sambuatannya mengatakan Perhimpunan Anggrek Indonesia adalah wadah atau organisasi yang menjaga dan melestarikan anggrek (bunga anggrek) di seluruh nusantara secara umum dan di Papua secara khusus serta di Biak Numfor lebih khusus lagi.

Menurut Yolanda Tinal, bunga anggrek mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, sehingga perlu dijaga dan dilestarikan agar tidak punah. “Punah kalau faktor hama bisa diatasi tetapi kalau faktor perbuatan/tindakan manusia agak susah untuk diatasi, karena itu saya minta kita sama-sama menjaga dan melestarikan anggrek, agar dapat dilihat oleh anak cucu kita di kemudian hari,”ujarnya.

Sedangkan kepada seluruh DPC PAI Biak yang baru dilantik, Yolanda Biak, untuk menyampaikan selamat bekerja untuk pelestarian bunga anggrek.

Di tempat yang sama dua pembudidaya bunga anggrek, yang turut hadir mengikuti pelantikan ketua DPC PAI Biak, Susan Ondy dan Seminar Anggrek Indonesia yang dilakukan yakni Nela Wakdomi dan Yosina Wospakrik, mengatakan pihaknya akan terus membudidayakan bunga anggrek, sebab saat ini sedang melakukan kegiatan tersebut (budidaya anggrek-red).

Plt. Bupati Biak Numfor,Papua, Thomas Alfa Edison Ondy, ketika memberi sambutan kepada semua tamu undangan dan peserta pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Biak Numfor, Papua dan Seminar Anggrek Indonesia  Ondy meminta untuk menjaga dan membudidaya tanaman/bunga anggrek.

Menurut Ondy tanaman bunga anggrek mempunyai kelebihan dan keunikan tersendiri yakni sebagai tanaman/bunga hiasan di kantor dan rumah tetapi juga sebagai tanaman obat-obatan karena mempunyai khasiat tertentu.

“Khusus untuk peserta yang mengikuti seminar/pelatihan ini saya harap mengikuti dengan baik, supaya bisa mengawinkan anggrek yang dengan anggrek yang lain untuk menghasilkan anggrek jenis baru yang sangat baik,”kata Ondy.

Mulai tahun depan, pihaknya akan mendorong kegiatan pembudidayaan bunga anggrek untuk dilakukan oleh semua pejabat dan pegawai yang ada di lingkungan Pemerintah Daerah Biak Numfor, sehingga disetiap rumah-rumah pejabat, mulai dari bupati hingga kepala distrik ada bunga anggrek di halaman kantor maupun rumah. (Marten Boseren)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Ketua DPD PAI Papua Lantik Ketua DPC PAI Biak Numfor