Masalah K2, Pemkot Jayapura Masih Terus Verifikasi

share on:
persiapan test honorer k2 pemkot Jayapura di SMU 4 jayapura (jubi/sindung)
Persiapan test honorer K2 Pemkot Jayapura di SMU 4 Jayapura (Jubi/Sindung)

Jayapura, Jubi – Hingga saat ini, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey mengatakan masih melakukan proses verifikasi tenaga honorer Kategori 2 (K2) di jajaran Pemerintah Kota Jayapura.

“Yang jelas proses administrasi tetap jalan, persoalan kapan selesainya kita ikuti mekanisme dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Tapi kami diminta membagi dalam dua formasi yaitu formasi tahun 2013 dan tahun 2014. Kalau sudah selesai baru diserahkan ke BKN” kata Frans.

Frans mengatakan walaupun sudah pemberkasan bisa saja ada kekeliruan, tapi ruang untuk menyelesaikan berkas itu masih jalan lewar proses pemberkasan internal.
“Sebelum didata, diserahkan ke Badan Kepegawaian Negara harus melalui Wali Kota secara baik. Kita tidak ingin ini salah-salah terus,” ujarnya.

Sekedar diketahui dari 952 peserta yang lolos dalam tes K2 beberapa waktu lalu dan sudah masuk dalam pemberkasan, ada tiga peserta yang meninggal dunia.
“Kami tidak punya kewenangan untuk menggantikan ketiga orang tersebut,” katanya.

Salah satu honorer yang mengabdi di Dispendukcapil Kota Jayapura yang bernama Toni mempertanyakan belum adanya kejelasan hasil K2 yang telah dilakukan verifikasi mulai bulan September yang lalu.
“Sudah dapat info terkait K2 itukah, bisa sampai bulan Februari atau tidakkah?” tanya Toni.

Penanganan honorer K2, direncanakan oleh pemerintah akan berlanjut di tahun 2015. Sebagai payung hukumnya, pemerintah akan membuat Peraturan Pemerintah (PP) yang baru sebagai pengganti PP 56 Tahun 2012 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS. PP 56 ini mengatur pengangkatan honorer dibatasi hingga Desember 2014.

“Sepertinya penanganan honorer K2 tidak akan tuntas sampai akhir tahun ini. Mau tidak mau harus loncat di tahun depan,” kata Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman di Jakarta, pekan lalu. (Sindung Sukoco)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Masalah K2, Pemkot Jayapura Masih Terus Verifikasi