Tiga Kapal Digeledah di Wanam, 43 Nelayan WNA Bakal Dipulangkan

share on:
Kapolres Merauke, AKBP Sri Satyatama

Merauke, Jubi- Tiga kapal milik PT Avon Mina yakni Manokwari Abadi I, II dan III yang sedang bersandar di Pelabuhan Wanam, Distrik Ilwayab, Kabupaten Merauke, digeledah oleh tim dari kabupaten yang merupakan gabungan Polres Merauke, Kantor Imigrasi Merauke, Disnakertrans serta pihak pelabuhan. Penggeledahan itu dilakukan pada hari Selasa tanggal 9 Desember 2014.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sri Satyatama dalam keterangan persnya kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya Rabu (10/12) mengatakan, pada tanggal 7 Desember 2014, pihaknya mendapat informasi bahwa ada tiga kapal yang diduga melakukan kegiatan pencairan ikan dengan ABK warga negara asing (WNA) sebanyak 43 orang.

Dengan informasi itu, lanjut Kapolres, pihaknya menginstruksikan kepada anggota yang bertugas di Pos Wanam untuk melakukan pengecekan dan ternyata benar, terdapat tiga kapal sedang berlabuh di pelabuhan milik PT Dwi Karya.

Dijelaskan, begitu dilakukan pemeriksaan, ternyata betul ada 43 WNA dari Philipina yang didatangkan oleh perusahan untuk bekerja. Mereka tiba di Pelabuhan Wanam pada tanggal 21 Oktober 2014. “Memang ABK yang berasal dari Philipina itu, datang melalui Merauke menggunakan KM Tatamailau,” katanya.

“Kita sudah mendengar penyampaian  dari pihak imigrasi bahwa 43 WNA tersebut memiliki izin untuk vitas di perairan. Hanya saja, surat dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Merauke, belum  keluar lantaran masih dalam proses. Begitu juga ketiga kapal itu, masih layak untuk beroperasi sebagaimana biasa,” tuturnya.

Kepala Distrik Ilwayab, Patris Maturbongs yang dihubungi melalui telpon selulernya membenarkan juga jika ada beberapa kapal yang baru datang dan akan melakukan aktivitas pencairan ikan. Namun, tidak diketahui apakah kapal asing atau bukan. (Frans L Kobun)

Editor : Albert Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tiga Kapal Digeledah di Wanam, 43 Nelayan WNA Bakal Dipulangkan