Pekan Ini Tarif Resmi Angkutan Umum Kota Biak Ditetapkan

share on:
Tampak salah satu ruas jalan di Kota Biak,Papua
Tampak salah satu ruas jalan di Kota Biak,Papua (Jubi/Marten Boseren)

Biak, Jubi – Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor,Papua, Ottow P.M. Wanggai, mengatakan pada pekan depan, pihaknya akan mengeluarkan tarif angkutan umum kota dan pedesaa untuk digunakan pemilik kendaraan di Biak dan supior serta masyarakat (penumpang kendaraan umum) setelah di sahkan oleh Bupati Biak Numfor, Thomas Alfa Edison Ondy dalam surat keputusannya.

Wanggay mengatakan pihaknya lambat menetapkan tarif resmi karena masih menunggu radiogram Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, yang memuat tarif angkutan umum dibayar per kilometer. Jadi kata Wanggai, yang dilakukan saat ini adalah melakukan survei ( menghitung ) jarak tempuh kendaraan di dalam kota hingga ke kampung-kampung.

“ Sehingga jika radio Gubenur, Lukas Enembe itu kita terima maka kita langsung menghitung dan menetapkan tarif dan selanjutnya mengumumkan kepada masyarakat untuk dipergunakan. Kita targetkan minggu depan,” kata Wanggai ketika ditemui Jubi Sabtu,(13/12) siang di Pantai Wisata Paray.

Penghitungan dan penetapan tarif nanti, pihaknya akan lebih berhati-hati, dengan maksud agar, mendapat tarif angkot yang benar-benar akurat berdasarkan jarak dan kesulitan medan yang dilalui serta tarif yang ditetapkan bisa diterima semua pihak dengan senang hati. Atau tidak membuat terjadi aksi protes oleh masyarakat dan mogok mengangkut penumpang oleh para supir angkot.

“Dan juga agar pemilik kendaraan dan supior tidak dirugikan dan tidak memberatkan masyarakat, jadi semua bisa senang dan tidak ada yang dirugikan,”ujar Wanggai. Tarifnya ditetapkan menurut jangkauan atau perkilometer.

Salah satu supir angkot dalam kota, Deky Faknik, berharap pihak Dinas Perhubungan dan Pemerintah Daerah Biak Numfor (Plt. Bupati Biak. Thomas Alfa Edison Ondy) dapat mengakomodir tarif sementara yang dipakai yakni 5000 rupiah per penumpang dari yang sebelumnya 4.000 rupiah sebab tarif tersebut sudah sangat pas untuk mereka. (Marten Boseren)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pekan Ini Tarif Resmi Angkutan Umum Kota Biak Ditetapkan