Bandara Mopah, Merauke Lakukan Simulasi Kebakaran Pesawat

share on:
Simulasi kebakaran Pesawat di Bandara Mopah-Merauke. (Jubi/Frans L Kobun)

Merauke, Jubi – Bandara Mopah – Merauke melakukan simulasi kebakaran pesawat di dalam area bandara. Dalam simulasi itu, semua pihak dilibatkan mulai dari Kantor Badan SAR, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), TNI serta beberapa komponen terkait lainnya.

Disaksikan Jubi Selasa (16/12) sekitar pukul 14.00 Wit, kegiatan simulasi diawali dengan pembakaran tumpukan ban di dalam area bandara yang telah disiapkan. Selanjutnya, tiga mobil unit pemadam kebakaran disiapkan untuk melakukan pemadaman terhadap pesawat yang terbakar.

Selain itu, dua unit mobil rumah sakit ikut dipersiapkan untuk melakukan evakuasi terhadap penumpang yang mengalami kecelakaan pesawat. Saat api sedang dipadamkan, beberapa petugas yang ditunjuk, mulai memberikan pertolongan kepada para penumpang dengan menggunakan berbagai peralatan hingga menghantar ke mobil rumah sakit untuk dibawa ke rumah sakit.

Kepala Bandara Mopah-Merauke, Rajoki Aritonang dalam sambutannya mengatakan, simulasi yang dilakukan itu, sebagai salah satu persiapan untuk mengantisipasi jangan sampai muncul kebakaran pesawat. “Kita tidak pernah mengetahui adanya kebakaran pesawat. Tetapi jangan sampai hal itu terjadi,” ujarnya.

Olehnya, lanjut Aritonang, persiapan dari sekarang, sudah harus dilakukan. “Kita sudah memulai latihan setahun silam dan tentunya tetap diprogramkan untuk dijalankan dan atau dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. Sehingga semua komponen yang berperan, sudah harus mempersiapkan diri dari sekarang,” katanya.

Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKBP) Sri Satyatama yang ikut menyaksikan simulasi tersebut mengatakan, langkah yang dilakukan pihak Bandara Mopah sudah sangat tepat.

“Saya kira simulasi itu sebagai persiapan juga. Kita semua tentu tidak menginginkan adanya sesuatu kecelakaan  dalam dunia penerbangan. Tetapi jangan sampai hal tersebut terjadi. Olehnya, latihan perlu dilakukan secara terus menerus,” katanya.  (Frans L Kobun)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bandara Mopah, Merauke Lakukan Simulasi Kebakaran Pesawat