Tahun 2014 Pengadilan Agama Jayapura Tangani 321 Perkara

share on:
Wakil Ketua Pengadilan Agama Jayapura, M. Tang (Jubi/Arnold Belau)
Wakil Ketua Pengadilan Agama Jayapura, M. Tang (Jubi/Arnold Belau)

Jayapura, Jubi – Sepanjang tahun 2014 Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menangani 321 kasus gugatan cerai.  “Terhitung hingga 16 Desember 2014 kami tangani 321 kasus. Ini penurunan sekitar 2% dari tahun lalu. Tahun 2013 kami tangani sebanyak 237 kasus,”.

Demikian dikatakan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pengadilan Agama Jayapura, Ismail Suneth, kepada Jubi (16/12) di ruang kerjanya.

Menurut Ismail, perkara yang ditangani PA Jayapura didominasi penceraian yang disebabkan hadirnya orang ketiga dalam rumah tangga. “Alasan lain gugatan cerai karena KDRT dalam pengertian fisik,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PA Jayapura, M. Tang, mengatakan jika dilihat dari kasus tahun 2013 dan 2014, inti permasalahan perkara gugat cerai adalah masalah moral dalam keluarga.

“Maka itu, ke depan, kami berharap agar orang-orang pendatang yang muslim itu perbaiki moralnya. Kalau moralnya bagus tentu kehidupan rumah tangga juga akan bagus. Tidak ada manusia yang menghendaki penceraian. Makanya kalau perkaranya sudah diadukan ke PA biasanya kami fasilitas mediasi untuk perdamaian. Kalau sudah tidak bisa damai, baru kami tindak-lanjuti proses perceraian,” katanya. (Arnold Belau)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tahun 2014 Pengadilan Agama Jayapura Tangani 321 Perkara