Buku Tata Bahasa Kayo Pulau dan Tobati Dilaunching

share on:
Sampul buku Tata Bahasa Kayo Pulau dan Tobati (Jubi/Arnold Belau)
Sampul buku Tata Bahasa Kayo Pulau dan Tobati (Jubi/Arnold Belau)

Jayapura, Jubi – Bertempat di Aula SMKN 3 Kota Jayapura, Kamis (18/12), Dinas Pendidikan Kota Jayapura bekerjasama dengan Lembaga Riset Papua telah menerbitkan dua buku, masing-masing buku tata bahasa Kayo Pulau dan Tobati demi melestarikan bahasa daerah sebagai budaya bangsa terutama budaya port Numbay, Kota Jayapura, Papua.

Dua buku tata bahasa Kayo Pulau dan Tobati  terbit atas hasil penelitian Lembaga Riset Papua (LRP) selama tiga tahun yang diterbitkan oleh Surya Pena Gemilang dengan tebal halaman masing-masing tata bahasa Tobati 193 halaman dan Kayo Pulau 227 halaman. Dan ditulis oleh lembaga Penelitian Papua. Tim kerja yang menulis buku tersebut adalah Drs. Theodorus Taremalem Purba,M.Sc, Grace L.Mantiri,S.Pd, M.Hum, Antonius Maturbongs, Christoforus Renwarin.

Ditempat launching, sekertaris LRP, Don Flassy mengatakan, LRP dan Pemerintah Kota Jayapura merencanakan sebuah workshop untuk para guru. Dalam workshop ini akan dijelaskan kepada para guru SD kota Jayapura, bagaimana mengajar bahasa Kayo Pulau dan Tobati.

“Kami berusaha agar siapa pun dia yang tidak menguasai bahasa ini bisa mengajar. Jadi  itu ada teori dan metodenya sendiri. Dengan workshop ini kami harap bisa membantu para guru untuk memahami cara mengajar dan dari workshop ini pula kami mendapatkan tenaga-tenaga pengajar,” jelas Flassy.

Sementara itu, Robert J Betaubun, kepala Dinas Pedidikan Kota Jayapura mengatakan penerbitan buku dan workshop adalah upaya dari menterjemahkan visi pemerintah kota untuk melestarikan budaya bahasa khususnya di 14 kampung yang ada di Kota Jayapura.

“Pertama adalah bagaimana melestarikan bahasa Port Numbay dan kita sudah mulai dengan menyiapkan buku tata bahasa. Setelah ada buku, kita tindak lanjut dengan workshop untuk menyiapkan modul serta kurikulum pelaksanaan mulok, bahasa daerah atau bahasa lokal,” katanya kepada wartawan di Aula SMKN 3 Jayapura.

Workshop ini akan dilaksanakan selama dua hari di Aula SMKN 3 Kota Jayapura. Pesertanya 130 peserta dari perwakilan  semua SD yang ada di Kota Jayapura. (Arnold Belau)

 

 

 

 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Buku Tata Bahasa Kayo Pulau dan Tobati Dilaunching