Di Lanny Jaya, Kaum Pria Juga Mau Ber-KB

share on:
Ilustrasi (IST)
Ilustrasi (IST)

Jayapura, Jubi – Kepala BKKBN dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Lanny Jaya, Lina Kogoya, mengatakan pemahaman masyarakat tentang keluarga berencana (KB) sudah sangat baik. Bukan hanya kaum perempuan yang ber-KB tapi tidak sedikit laki-laki yang mau per-KB.

“Saat ini tercatat ada 6 laki-laki yang per-KB. Masih ada beberapa yang belum tercatat. Saya yakin jumlahnya lebih banyak dari itu dan ke depan akan lebih banyak lagi kaum bapak yang mau per-KB,” kata Lina Kogoya pada Jubi di Wamena beberapa waktu lalu.

Lina Kogoya juga menjelaskan untuk KB perempuan, kaum ibu selain menggunakan alat kontrasepsi jangka pendek mereka juga menggunakan kontrasepsi jangka panjang. “Kontrasepsi yang digunakan adalah suntik dan pil. Tapi suntik yang paling banyak,” jelas Lina.

Sementara itu, masih menurut Lina, Bupati Lanny Jaya, Befa Jigibalon, pernah melarang program KB. Pasangan usia subur tidak boleh per-KB. Tapi karena angka infeksi HIV terus meningkat, pihaknya mulai mengkampenyakan pemakaian kondom. “Kondom untuk pencegahan penularan HIV sekaligus untuk mencegah kehamilan yang tidak direncanakan,” kata Lina.

Ditambahkan, Bupati Jigibalon sebenarnya bukan melarang KB. “Bupati minta pasangan usia subur untuk mengatur jarak kelahiran. Bahkan warga yang memiliki banyak anak mendapat hadiah uang Rp 5 juta,”. (Roberth Wanggai)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Di Lanny Jaya, Kaum Pria Juga Mau Ber-KB