Klarifikasi Pemberitaan Mahasiswa ADIK Pegunungan Bintang

share on:
Ilustrasi UP4B. (IST)
Ilustrasi UP4B. (IST)

Jayapura, Jubi – Berkaitan dengan berita di tabloidjubi.com yang berjudul “20 Mahasiswa Program Beasiswa UP4B Asal Pegubin Terlantar” Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) mengirimkan klarifikasi terhadap berita tersebut. Surat klarifikasi ini dikirimkan oleh Agus Santoso yang menjabat sebagai Deputi III UP4B. Berikut ini adalah surat klarifikasi yang diterima Jubi, Jumat (19/12).

“Hasil monitoring Tim UP4B pada bulan Oktober 2014 di 39 PTN penerima Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK), tercatat 26 Mahasiswa yang berasal dari Pegunungan Bintang masih aktif kuliah. Antara lain Elis Yosua Trukna di Universitas Syiah Kuala, Daniel Lepitalen Universitas Pattimura, Dasteni Deal di Universitas Brawijaya, Yhoan Tabuni di Universitas Makassar dan Adison Balka di Universitas Andalas.

Secara keseluruhan Program ADIK yang dimulai 2012 s.d 2014 hingga saat ini terdapat 1.243 mahasiswa yang masih aktif kuliah dari 1778 mahasiswa yang melakukan registrasi.

Untuk Program ADIK biaya kuliah langsung dibayar oleh Dikti ke Universitas masing-masing, sedangkan Mahasiswa/Mahasiswi ADIK mendapat bantuan biaya hidup satu juta rupiah tipa-tiap bulan per orang dengan catatan yang bersangkutan masih tercatat sebagai Mahasiswa/Mahasiswi aktif di Universitas.

Selain mahasiswa ADIK, ada juga OAP lainnya yang mengikuti non program ADIK yang belajar di PTN. Disamping itu menurut Tim UP4B yang melakukan monitoring, Pemda Pegunungan Bintang termasuk yang sangat mendukung peningkatan kualitas pendidikan dengan memberikan bantuan kepada OAP yang mengikuti Program ADIK dan afirmasi pendidikan menengah (ADEM).” (Admin)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Klarifikasi Pemberitaan Mahasiswa ADIK Pegunungan Bintang