Warga Keluhkan Sampah Depan Gerbang Pasar Karang Tumaritis

share on:
Tumpukan Sampah di depan gerbang Utaman Pasar Karang Tumaritis Nabire (Jubi/Arnold Belau)
Tumpukan Sampah di depan gerbang Utama Pasar Karang Tumaritis, kabupaten Nabire (Jubi/Arnold Belau)

Nabire, Jubi – Warga Nabire keluhkan tumpukan sampah di depan gerbang utama pasar Karang Tumaritis, Nabire. “Ini bukan baru saja. Sudah lama dijadikan tempat sampah. Kami yang hari-hari beraktivitas disini merasa sangat tidak nyaman,” kata seorang sopir angkutan pedesaan trayek Pasar Karang – Karadiri yang tidak mau dimediakan namanya kepada Jubi, Pasar Karang, Senin (29/12) siang.

“Siapa yang senang dengan kondisi seperti ini. Kami tidak senang. Ini semua karena tidak ada kesadaran dari semua masyarakat di pasar ini. Selama yang saya lihat, petugas kebersihan sering bersihkan, tetapi masayarakat yang tidak punya kesadaran,” katanya.

Sementara itu, Benny Kobogau yang juga warga Nabire yang tinggal di Karang Timur, mengatakan, pasar Karang ini sudah menjadi bank sampah. Karena di pasar ini juga terminal umum kendaraan yang ke Paniai, Deiyai dan Dogiyai.

“Selain itu, disini juga adalah pasar umum. Rata-rata orang di pasar ini belum terbiasa membuang sampah di tempat sampah. Jadi selalu buang sampah tak karuan. Jadinya pasar jadi bank sampah benaran,” katanya.

Secara terpisah, Faizal tukang ojek yang sering mangkal di pasar Karang kepada Jubi mengatakan, tumpukan sampah di depan gerbang utama pasar Karang Tumaritis ini meningkat dan menutupi hampir setengah badan jalan terjadi dalam beberapa hari terakhir ini.

“Saya biasa lihat, petugas kebersihan dari dinas kebersihan, ketanaman dan pemakaman kabupaten Nabire sering membersihkan. Tetapi ini jadi tempat sampah juga volume sampah meningkat sejak tanggal 23 desember,” katanya.

“Dan ini masih libur jadi belum diangkat sampah-sampahnya,” tambahnya.

Hingga berita ini disiarkan, kepala seksi kebersihan dinas kebersihan, ketanaman dan pemakaman kabupaten Nabire, Gergorius Mote saat dikonfirmasi Jubi, dengan mengirimkan pesan singkat dan telepon, tidak direspon. (Jubi/Arnold Belau)

caption : Tumpukan Sampah di depan gerbang Utama Pasar Karang Tumaritis, kabupaten Nabire. (Arnold Belau)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Warga Keluhkan Sampah Depan Gerbang Pasar Karang Tumaritis