Polisi Periksa Kelengkapan Dokumen ABK Asing di Wanam

share on:
Kapal-kapal yang beroperasi di Wanam untuk melakukan pencarian ikan di Perairan Merauke. (Jubi/Frans L Kobun)

Merauke, Jubi- Kapolres Merauke, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sri Satyatama mendampingi tim dari Polda Papua menuju ke Kampung Wanam, Distrik Ilwayab Kabupaten Merauke guna melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dari 30-an anak buah kapal (ABK) yang berasal dari Filipina dan Thailand. Mereka dipekerjakan di Kapal Manokwari I, II dan III untuk melakukan pencarian ikan di perairan Merauke dan sekitarnya.

Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan saat ditemui Jubi di ruang kerjanya, Selasa (30/12) mengatakan, Kapolres bersama Tim dari Polda sudah berangkat tadi pagi menggunakan pesawat menuju ke Wanam. Kedatangan Kapolres bersama tim ke sana, tidak lain melakukan pemeriksaan terhadap dokumen dari 30 ABK asing yang dipekerjakan di tiga kapal tersebut.

Pemeriksaan dokumen yang dilakukan terkait surat-surat seperti passport serta lain-lain, termasuk masa kerja mereka. “Ya, beberapa dokumen tersebut yang nantinya akan ditanyakan kepada pengelola kapal di sana,” ujarnya.

Lebih lanjurt Nainggolan mengatakan, sampai sekarang, ketiga kapal dimaksud belum melakukan aktivitas pencarian ikan. Karena harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap dokumen dari ABK asing, apakah lengkap atau tidak.

Menyinggung tentang keberadaan 30-an ABK asing, Nainggolan mengaku, mereka sedang dalam pengawasan pihak Kantor Imigrasi Kabupaten Merauke. Jika tidak mengantongi dokumen-dokumen sah untuk bekerja di tiga kapal tersebut, tentunya akan diambil langkah lebih lanjut, termasuk dideportasi ke negara asal mereka.

Kapolres Merauke, AKBP Sri Satyatama beberapa waktu lalu mengatakan, penahanan terhadap ABK asing bersama ketiga kapal tersebut, lantaran harus melakukan pemeriksaan terhadap dokumen mereka terlebih dahulu. Dan ketiga kapal tidak diperkenankan untuk beroperasi sebelum surat-surat ABK Asing dinyatakan lengkap. (Frans L Kobun)

 

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Polisi Periksa Kelengkapan Dokumen ABK Asing di Wanam