Data CPNS Kota Ternate Belum ke BKN

share on:

Ternate, Jubi/Antara – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mencatat sebanyak 103 orang yang dinyatakan lulus dalam tahapan seleksi penerimaan CPNS Kota Ternate tahun 2014 belum dimasukkan ke Badan Kepegawaian Negara.

“Akibatnya data CPNS tersebut masih tertahan dan belum dapat dikeluarkan dan itu masih stagnan, artinya kita sudah selesaikan di tahapan BKD, tapi sekarang belum bisa kita dorong ke BKN karena antara Panselnas dan BKN itu datanya belum masuk,” Kepala BKD Kota Ternate, Junus Yau di Ternate, Kamis.

Menurutnya, sistem yang dipakai saat ini sejak tahun 2010 itu menggunakan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepagawaian (SAPK), dimana data yang mau dimajukan ke Kanreg XI BKN di Manado sebelumnya harus dimasukan data pegawai pada SAPK, akan tetapi yang menjadi permasalahan sekarang, setelah dibuka SAPK untuk menginput data, dari 103 orang yang lolos dalam seleksi CPNS, ternyata belum dapat dijalankan.

“Karena BKN Pusat itu belum memasukan data 103 CPNS, kemarin sempat saya ke BKN dan Konsultasi hal itu, ternyata memang dari BKN punya alasan bahwa dari Panselnas sudah kirim nama-nama yang lulus, tapi belum disertai data yang bersangkutan, misalnya nama dan formasi kelulusan, itu yang tidak dimiliki oleh BKN,” ujarnya Oleh karena itu, dirinya saat ini masih menunggu data falid dari Panselnas kemudian dari Panselnas memasukan ke SAPK masing-masing daerah, termasuk Kota Ternate untuk dapat menginput data.

“Memang dari BKN menjanjikan pada bulan Desember sudah harus selesai, karena di surat edaran Menpan itu prosesnya harus selesai di bulan Desember, jadi itu bukan karena pada saat tes terjadi kesalahan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, berdasarkan nama yang diusulkan BKD berdasarkan pemberkasan berjumlah 103 orang, jadi datanya sudah sangat sesuai, dan itu sudah sesuai dengan jumlah yang dikeluarkan Panselnas lewat websitenya, dan kita sudah sampaikan pengumumannya lewat media cetak, dan itu ada tembusan, termasuk satu yang mengundurkan diri.

Disinggung jika pemasukan data ke SAPK itu kemudian melewati tanggal yang ditentukan, Junus mengatakan, tetap tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

“Karena ini bukan kesalahan daerah, dan kalaupun ini kondisi bergeser hingga Januari maka tetap itu bukan kesalahan daerah, tapi mereka tetap mempercayakan untuk semuanya dituntaskan pada bulan Desember ini, intinya tetap tidak berpengaruh,” ujarnya.*

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Data CPNS Kota Ternate Belum ke BKN