UBH Dan 24 PT Se-Dunia MOU Students Exchange

share on:

Padang, Jubi/Antara – Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bersama 24 Perguruan Tinggi (PT) di dunia telah melakukan kesepahaman atau MoU “Studend Exchange”.

Rektor UBH, Prof Dr Niki Lukviarman SE Akt MBA di Padang, Kamis, mengatakan MoU telah dilaksanakan penandatanganan kerjasamanya dengan 24 PT se-dunia dalam mendeklarasikan “student exchange” diselenggarakan Master Course Graduate School of Engineering, di Gifu University, Jepang, beberapa hari lalu.

Menurut dia, kegiatan ini diprakarsai oleh Fakultas Teknik Gifu University dengan mengundangan pimpinan ke-25 perguruan tinggi tersebut untuk mengikuti The 1st International Joint Meeting of Global Enviromental and Energy Course (GU-GLEE) yang berlangsung pada 17 hingga 18 Desember 2014 di Jepang.

Lukviarman menyampaikan Gifu Universitas Global Environment dan Energi Course merupakan suatu program terbaru yang diluncurkan oleh Fakultas Teknik Gifu University untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan magister di Gifu University dan diperuntukan bagi mahasiswa dari Fakultas Teknik.

“Program ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan lingkungan dan energi baik secara lokal maupun global sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia yang dapat menciptakan dan mengembangkan dunia industri,” ujarnya.

Ia mengatakan dalam pertemuan tersebut juga para delegasi menyampaikan profil perguruan tinggi dan fakultas tekniknya kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai program pertukaran pelajar yang disepakati dengan penandatanganan naskah MoU.

“Terdapat empat point penting yang menjadi keputusan bersama yaitu untuk pengembangan pamahamanan dunia pendidikan di massa yang akan datang dan juga melibatkan partisipasi perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama, untuk melakukan promosi pertukaran mahasiswa dan pengenalan program studi para perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama,” tambahnya.

Kemudian, untuk pelakukan berbagai riset bersama hingga mengadakan kerjasama kegiatan dalam mempublikasikan hasil penelitian dan membangun jaringanan dengan dunia industri, katanya.

Selain itu, dalam kerjasama ini juga tidak ditutup kemungkinan bagi mahasiswa yang ingin penelitian dan magang selama beberapa bulan serta melanjutakan pendidikan doktoral bagi dosen, tambahnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Kimia UBH, Dr Eng Reni Desmiarti ST MT yang juga mengikuti pertemuan tersebut mengungkapkan sebelum diadakannya petemuan mengenai program Gifu University Global Environment & Energy Program (GU-GEEP) ini, dan UBH melalui Jurusan Teknik Kimia telah melaksanakan kerjasama dengan mengirimkan satu orang alumninya menikuti program Basin Water Environmental Leader (BWEL).

“Program ini merupakan bertujuan untuk mengembangkan program pendidikan S2 di Gifu University dan meningkatkan jumlah mahasiswa asing yang berminat melanjutkan studi di Gifu University,” sebutnya.

Menurut dia, sejak tahun 2010 hingga saat ini terdapat lima orang alumni Jurusan Teknik Kimia UBH yang mengikuti program magister dan doktoral di Universitas Gifu Jepang, yakni Joni Aldilla Fajri, M.Eng, Edwina Zainal M.Eng, Weni Zuwirna, Farrah Fadhillah Hanum dan yang terbaru Yenni Trianda.

“Meskipun telah ada program GU-GEEP untuk semua Fakultas Teknik, namun program BWEL yang dilaksanakan oleh jurusan Teknik Kimia masih tetap berlangsung hingga satu tahun kedepan,” ujarnya.

Program ini menjadi kesempatan emas bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di negara sakura ini,” tambahnya.*

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  UBH Dan 24 PT Se-Dunia MOU Students Exchange