Wagub Malut Belum Jalani Tes Urine

share on:

Ternate, Jubi/Antara – Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut), Muhammad Natsir Thaib belum memenuhi janjinya menjalani tes urine sebagai upaya pemberantasan narkoba di jajaran Pemprov Malut.

“Selain Wagub, sampai saat ini sejumlah pejabat di Pemprov Malut seperti Sekprov Abdul Madjid Husen serta sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Provinsi Malut sampai saat ini belum menjalani tes urine,” kata Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) BNNP Malut, Rustam Lating di Ternate, Kamis.

Ia mengatakan, sampai saat ini pejabat eselon II Pemprov yang melakukan tes urine sesuai data yang dihimpun sebanyak 17 orang dan itu belum termasuk kedua petinggi Pemprov Malut, yakni Wagub dan Sekrov belum menjalani tes urine.

Sedangkan pejabat lain sampai sekarang juga mendatangi kantor BNNP Malut untuk menjalani pemeriksaan urine. Pihak BNN Malut, juga merasa bingung, kenapa Wagub dan Sekpov serta pejabat lain sampai detik ini belum datangi kantor BNN untuk diadakan tes urine.

“Kami juga bingung terhadap sejumlah pimpinan SKPD yang tidak mau melakukan tes urine, padahal, gubernur sudah menginstruksikan agar seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Maut lakukan tes urine di kantor BNN di Ternate, namun faktanya baru 17 orang yang memberanikan diri datang untuk diperiksa urine,” katanya.

Sementara itu, untuk mencegah tingginya pengguna narkoba di Malut, BNNP intensif menggelar sosialisasi pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba, terutama bagi pemuda yang tersebar di berbagai kelurahan dan siswa di berbagai sekolah di daerah ini.

Menurutnya, narkoba telah menjadi penyakit yang sangat sulit untuk dihindari bagi masyarakat terutama pemuda dan pelajar mulai dari tingkat menengah sampai tingkat atas, karena saat obat terlarang itu sudah dikonsumsi maka akan menjadi pecandu bagi orang bersangkutan.

“Untuk itu pemuda harus terlibat lebih aktif dalam upaya menjaga lingkungan kelurahan serta memperketat dan mempertahankan wibawa generasi muda sebagai unjung tombak pemberantasan narkoba,” katanya.

Dirinya berharap kepada pemuda Kelurahan Tafure untuk membentuk kader anti narkoba kelurahan untuk mengantisipasi peredaran gelap narkoba yang masuk atau beredar di setiap kelurahan yang ada di kota Ternate.*

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Wagub Malut Belum Jalani Tes Urine