DPRD Bali Dorong Masyarakat Jadi Peserta JKN

share on:

Denpasar, Jubi/Antara – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali mendorong masyarakat Bali menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Tahun 2015 program itu segera dibicarakan tim BPJS dan Pemda Bali,” kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali, I Gusti Bagus Alit Putra, di Denpasar, Sabtu (3/1).

Alit Putera mengatakan Bali menargetkan pada 2016 seluruh warga Pulau Dewata sudah terdaftar sebagai peserta JKN. “Program pemerintah pusat ini masih dalam masa transisi sehingga diharapkan pada 2017 seluruh masyarakat Bali sudah tergabung dalam JKN,” katanya.

Alit Putera menyatakan pihaknya akan melibatkan Dinas Sosial untuk mendata jumlah masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan JKN. “Dengan melibatkan Dinas Sosial, ini akan membantu pemerintah dan BPJS dalam memberikan jaminan kesehatan itu supaya tepat sasaran,” ujarnya.

Alit menambahkan rata-rata masyarakat Bali telah memiliki Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM), dan akan diarahkan menjadi anggota JKN.

Terkait pembayaran premi, Alit mengatakan masih akan membahasnya dengan Pemda dan tim BPJS. Tapi Alit berharap masyarakat Bali yang mampu membayar preminya sendiri untuk segera mendaftar sebagai peserta JKN.

“Tidak semua masyarakat yang memiliki KTP Bali akan dijamin preminya oleh pemerintah untuk ikut program JKN,” ujarnya.

Alit menambahkan, selama masa transisi, program JKBM masih tetap berjalan dan anggaran tahun 2015 masih tetap digalakkan. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRD Bali Dorong Masyarakat Jadi Peserta JKN