2014 Kejati Sumut Tetapkan 18 Tersangka Alkes

share on:

Medan, Jubi/Antara – Tim Penyidik Kajaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara (Sumut), selama tahun 2014 menetapkan sebanyak 18 tersangka kasus dugaan korupsi alat kesehatan (Alkes) tahun anggaran 2010 dan 2012.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejati Sumut, Chandra Purnama, di Medan, Minggu (4/1) mengatakan dari 18 tersangka tersebut, empat orang dari RSUP H Adam Malik Medan. Keempat tersangka itu terlibat dugaan korupsi senilai Rp 45 miliar yang bersumber dari dana APBN tahun 2010.

“Penetapan para tersangka karena diduga melakukan pemahalan harga yang tertuang dalam HPS (Red: Harga Perkiraan Sendiri) dengan harga pasaran dan spesifikasi alat kesehatan yang mengarah pada produk merk tertentu,” ujar Chandra.

Sebanyak 14 tersangka lainnya di lima kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara, bersumber dana APBN 2012 senilai Rp116 miliar.
Dari 14 tersangka itu, tiga dari Kab Mandailing Natal, tiga dari Kab Samosir, tiga dari Kota Tanjung Balai, dua dari Kab Serdang Bedagai, dan tiga dari Kab Simalungun.

Dari 15 tersangka, lima ditahan dan dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IA dan Rutan Klas IA Tanjung Gusta Medan.
Kelima tersangka tersebut ditahan untuk kepentingan penyedikan yang dilakukan Kejati Sumut. “Sampai saat ini kami masih terus melakukan penyidikan dan mengembangkan kasus,” kata Chandra. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  2014 Kejati Sumut Tetapkan 18 Tersangka Alkes