Tanah Diserobot, Simson Mahuze Polisikan Bandara Mopah-Merauke

share on:
Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan. (Jubi/Frans L Kobun)
Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan. (Jubi/Frans L Kobun)

Merauke, Jubi-Setelah merasa tanahnya diserobot oleh pihak Bandara Mopah-Merauke, Simson Tiotra Mahuze, pemilik lahan itu mengambil langkah dengan mendatangi Polres Merauke dan membuat laporan secara resmi. Kasus dimaksud sedang dalam penanganan kepolisian dengan melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

Kasubag Humas Polres Merauke, Iptu Richard Nainggolan saat ditemui Jubi diruang kerjanya Senin (12/1) mengatakan kasus penyerobotan itu, dilakukan pada tanggal 10 Januari 2015 sekitar pukul 10.00 WIT. tempatnya di sekitar Mes Auri.

Kasus tersebut muncul setelah pihak bandara melihat pelapor sedang melakukan aktivitas penggalian pasir di tempat itu dan seketika juga melapor ke aparat kepolisian. Sementara pelapor atas nama Simson, merasa memiliki bukti kepemilikan tanah.

Oleh karena merasa tanahnya diambil pihak Bandara Mopah, ia mengambil langkah dengan melapor secara resmi ke Polres Merauke sekaligus meminta agar diproses secara hukum.

“Batas tanah saya itu kurang lebih 42.900 m2 dan dikuasai oleh pihak bandara seluas 286 x 150 meter. Ya, saya merasa telah dirugikan, sehingga lebih baik diselesaikan secara hukum. Saya memiliki dokumen resmi yang siap untuk ditunjukkan,” tuturnya.

Secara terpisah Kepala Badara Mopah Merauke, Rajoki Aritonang mempertanyakan penyerobotan atau pencurian pasir yang dilakukan Mahuze. “Saya ingin mengatakan bahwa tanah milik Simson itu, sudah dibayarkan tahun 1982 dan 1983 oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Perhubungan Jayapura,” tegasnya.

Ditambahkan, saksi hidup juga masih ada. Namun demikian, biarkan pengadilan yang memutuskan, apakah tanah dimaksud milik bandara atau Simson. “Ya, perlu saya tegaskan juga bahwa negara tidak pernah melakukan penyerobotan tanah milik rakyat. Dari dulu, Simson selalu berkata seperti demikian,” ujarnya. (Frans L Kobun)

Editor : Angela Flassy
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Tanah Diserobot, Simson Mahuze Polisikan Bandara Mopah-Merauke