BMKG Beri Informasi Cuaca untuk Tujuh Penerbangan

share on:

Gorontalo, Jubi/Antara – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo di Bandar Udara Djalaluddin Isimu, mengklaim setiap harinya memberikan layanan data informasi cuaca secara rutin kepada tujuh penerbangan atau 14 pergerakan pesawat (take off-landing).

Kepala BMKG Gorontalo, Indar Adi Waluyo, Selasa (13/1), mengatakan, pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan termasuk untuk keperluan penerbangan yang di “up date” setiap 30 menit hingga per jam.

“Bahkan dengan adanya alat “Authomatic Weather Station”(AWS) yang telah dimiliki, informasi cuaca diberikan setiap menit,” ujar Indar di kantor BMKG didampingi Kepala Seksi Data dan Informasi, Fatuhri Syabani.

Diakuinya, pemberian informasi cuaca maupun iklim yang terjadi di daerah ini, tidak pernah dibatasi sehingga bukan saja untuk keperluan penerbangan, namun pihaknya ikut memberikan informasi tersebut untuk sektor pertanian.

Untuk keperluan penerbangan, informasi cuaca dikirimkan melalui teks “hard document”, surat elektronik (email) maupun dalam bentuk suara ke tower “Air Traffic Control” (ATC) melalui pihak bandar udara.

Sementara untuk kepentingan di sektor pertanian kata Indar, pihaknya diminta langsung oleh instansi teknis terkait seperti Dinas Pertanian bahkan petaninya langsung, terkait prakiraan iklim yang tepat untuk melakukan masa penanaman.

“Biasanya pihak BMKG dilibatkan dalam rapat hambur tanam yang di gelar Dinas Pertanian di tingkat pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Indar menyebut, dari empat maskapai yang melayani rute penerbangan dari dan ke Gorontalo, pihak Sriwijaya Air dinilai paling patuh melakukan pengambilan data informasi cuaca.

“Sebelum terbang, pihak Sriwijaya Air intensif datang langsung ke kantor ini, mengambil data “hard document” data informasi cuaca yang diperlukan untuk setiap pergerakan pesawat,” ujar Indar.

Mengingat dokumen tersebut penting dikantongi oleh setiap maskapai khususnya para pilot yang akan bertugas, agar tidak menemukan kendala apalagi pihaknya terus memaksimalkan pelayanan selama 1×24 jam.

Sehingga data informasi cuaca tidak boleh dikecualikan dalam setiap pergerakan pesawat.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Djalaluddin, Sulaiman, mengaku, pihaknya intensif mengambil data informasi cuaca ke BMKG untuk keperluan penerbangan.

Selain telah melakukan inspeksi terkait izin rute penerbangan kepada empat maskapai yang masuk di bandara kelas I ini, yaitu Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Wings Air dan Lion Air.

Pihaknya kata Sulaiman, terus membenahi layanan bagi penumpang seperti target perluasan bandar udara yang diharapkan rampung tahun 2015 ini. (*)

Editor :
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BMKG Beri Informasi Cuaca untuk Tujuh Penerbangan