Dinkes Mimika Akan Menambah Satu Puskesmas di Distrik Hoeya

share on:
Ilustrasi salah satu Puskesmas di kampung Kanda Distrik Waibhu yang baru di renofasi oleh Dinas Kesehatan Kab Jayapura dan akan di fungsikan dalam waktu dekat ini.( Foto: Engelbert Wally)
Ilustrasi salah satu Puskesmas di kampung Kanda Distrik Waibhu yang baru di renovasi oleh Dinas Kesehatan Kab Jayapura dan akan di fungsikan dalam waktu dekat ini. ( Jubi/Engelbert Wally)

Timika, Jubi – Pelayanan kesehatan di Distrik Hoeya akan terus ditingkatkan. Salah satunya dengan menambah jumlah puskesmas pembantu (Pustu) didaerah tersebut.

Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika akan menambah satu Puskesmas dari Puskesmas Pembantu (Pustu) yang sudah ada di Distrik Hoeya, untuk tercapainya standar pelayanan kesehatan masyarakat. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Mimika, H. Ibrahim Iba, SIP.,MM.Kes.

“Demi tercapainya pelayanan kesehatan masyarakat maka kami akan menambah satu puskesmas lagi tetapi kami harus menunggu DPA nya keluar. Rencana ini sudah kami bicarakan juga dengan bagian pustu dan Kepala Distrik Hoeya Ananias Faot dan Kadistrik sangat menyambut baik dengan adanya puskesmas ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, H. Ibrahim Iba, SIP.,MM.Kes, di Timika, , Senin (12/1).

Ibrahim Iba mengungkapkan, selama tahun 2014 kemarin sudah tercatat ada 21 puskesmas dari 18 Distrik yang beroperasi di Mimika, jika Pustu di Distrik Hoeya telah menjadi Puskesmas maka tahun 2015 ini akan ada 22 Puskesmas.
“Akan kami upayakan agar semua distrik ini mempunyai masing-masing satu puskesmas tetapi hampir sebagian besar sudah mempunyai puskesmas. Tahun ini kita tambah satu dulu, semuanya bertahap,” kata Iba.

Pihaknya berharap, dengan adanya penambahan puskesmas, kebutuhan kesehatan masyarakat bisa terpenuhi dan terjamin.

Tahun ini, menurut Iba, ada penambahan satu puskesmas rawat inap bakal direalisasikan di Puskesmas Hoeya. Puskesmas tersebut akan dijaga oleh petugas medis termasuk juga dokter jaga yang selalu sedia melayani pasien.

Sementara itu, Jonathan, warga Kota Timika, mengaku masalah kesehatan di Mimika masih butuh banyak dukungan pemerintah. Sehingga jika ada program kesehatan ke kampung – kampung, akan lebih baik dilaksanakan dengan baik, sehingga masyarakat merasakan dampak pembangunan kesehatan dan lainnya.
“Pemerintah harus giat membangun kesehatan masyarakat di kampung, termasuk jika ada pengadaan Puskesmas itu akan sangat berguna,” Kata Jonathan. (Eveerth Joumilena)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinkes Mimika Akan Menambah Satu Puskesmas  di Distrik Hoeya