Pembicaraan dengan AS Prioritaskan Masalah di CNMI

share on:
 Bandara Saipan, CNMI. (Photo: Free google search image)
Bandara Saipan, CNMI. (Photo: Free google search image)

Jayapura, Jubi – Gubernur Marianas Utara yang baru dilantik, Eloy Inos mengatakan, salah satu pekerjaan utama yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah membuat permintaan resmi kepada Presiden As Barack Obama pada pembicaraan khusus antar kedua pemerintah.

Gubernur Inos, melalui laporan Radio New Zealand melaporkan, dirinya akan meminta presiden Obama agar menunjuk wakilnya dan melakukan pembicaraan hubungan antar negara itu dalam pertemuan yang dikenal sebagai konsultasi 902. Melalui pertemuan ini, dimungkinkan persoalan di negaranya dapat masuk dibawah konvensi CNMI’s bersama Amerika Serikat.

“Banyak masalah yang perlu ditangani,” kata Gubernur Inos, seperti dikutip Radio New Zealand, Selasa (13/1).

Meski belum diputuskan waktu pertemuannya, Gubernur Inos mengaharapkan, pertemuan bersama presiden Barack Obama nanti akan membicarakan rencana Departemen Pertahanan AS yang akan menggunakan bandara internasional di Saipan sebagai sebuah lapangan udara alternatif dan militer di Pulau Tinian dan Pagan.

“Saya yakin diskusi akan bersemangat dan banyak perjanjian dibikin untuk menunjukkan kesediaan CNMI menjadi mitra sejajar dengan Amerika Serikat. Pada saat yang sama, akan melestarikan nilai-nilai dan budaya di wilayah ini,” ucap Gubernur Inos. (Yuliana Lantipo)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pembicaraan dengan AS Prioritaskan Masalah di CNMI