Bappenas Akan Bangun Terminal Penerima LNG di Papua

share on:

Jakarta, Jubi/Antara – Untuk meningkatkan penggunaan gas bagi pengembangan kawasan industri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) berencana membangun tujuh terminal penerima Liquified Natural Gas (LNG receiving terminal) di enam lokasi yaitu Papua, Maluku, Sulawesi, Jawa Tengah, Banten, dan Aceh.

Tujuh terminal LNG tersebut menambah dua yang sudah ada yakni LNG receiving terminal dalam bentuk terapung di Lampung dan Jawa Barat.
Bappenas menargetkan akan memaksimalkan penggunaan energi dalam negeri sebesar 64 persen dalam jangka lima tahun mendatang.
“Selama ini kita berhasil mempertahankan kedaulatan energi negara lain tapi tidak untuk negara kita sendiri. Artinya, banyak sumber energi Indonesia yang diekspor,” ujar Direktur Sumber Daya Energi, Mineral, dan Pertambangan Bappenas Josaphat Rizal Primana di Jakarta, Selasa (12/1).
Peningkatan penggunaan energi dalam negeri itu dilakukan dengan meningkatkan produksi energi primer (minyak, gas, batu bara) serta meningkatkan cadangan penyangga dan operasional energi.
Rizal mengatakan salah satu sumber daya energi yang dimaksimalkan produksinya yaitu gas bumi, yang pada 2014 sebanyak 1.224 SBM/hari, akan ditingkatkan menjadi 1.295 SBM/hari pada tahun 2019.
“Ini didasari meningkatnya pemanfaatan produksi gas domestik selama 10 tahun terakhir. Sekitar 25 persen produksi gas dimanfaatkan domestik pada 2004, kini meningkat sekitar 54 persen,” jelasnya.
Bappenas berusaha meningkatkan aksesibilitas sumber daya energi dengan membangun 78 stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dan 912.000 jaringan gas kota (sambungan rumah) hingga 2019.
“Peningkatan efisiensi penggunaan energi dan pengelolaan subsidi BBM yang lebih transparan dan tepat sasaran juga menjadi fokus kami,” katanya.
Saat ini 70 persen produksi batu bara Indonesia diekspor ke negara lain dan hanya 30 persen yang digunakan di dalam negeri. Lima tahun mendatang 60 persen produksi batu bara harus digunakan di dalam negeri. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bappenas Akan Bangun Terminal Penerima LNG di Papua