Merauke Mengaku Sudah Bisa Swasembada Beras

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Perum Bulog Papua menyatakan Subdivisi Perum Bulog Regional Merauke sudah mampu memproduksi beras artinya sudah mampu swasembada beras untuk wilayah sekitarnya.

“Subdivisi Perum Bulog Merauke ini sudah swasembada untuk wilayahnya,” kata Kepala Divisi Perum Bulog Regional Papua Arif Madu di Kota Jayapura, Selasa (13/1).

Menurut Arif, Subdivisi Perum Bulog Merauke sudah bisa melayani permintaan beras dari Kabupaten Merauke, Kabupaten Mappi, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Boven Digoel, bahkan termasuk Kabupaten Yahukimo.
“Beras itu hasil produksi dari Merauke semua, jadi sudah tidak mendatangkan lagi dari luar,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pada 2014, Merauke memproduksi sebanyak 4.000 ton beras, sehingga dari hasil produksi itu, 500 ton dikirim ke Fakfak 500 ton, 2.000 ton dikirim ke Sorong, 500 ton dikirim ke Manokwari, dan 1.000 ton dikirim ke Biak.
“Itu hasil produksi beras dari Merauke, untuk wilayah selatan Papua, Merauke, sudah bisa memenuhi kebutuhan beras,” ujarnya.

Menurutnya, memang pihaknya beraharap produksi beras di Merauke terus dikembangkan namun merupakan kewenangan Dinas Pertanian setempat dan diharapkan dapat diperhatikan.
“Memang kami berharap terus dikembangkan namun itu wilayahnya Dinas Pertanian untuk mendorong agar tetap daerah itu memproduksi besar,” ujarnya.

Ia menambahkan ke depan wilayah Nabire bisa dikembangkan untuk memproduksi beras karena areal lahannya bagus dan sarana irigasinya juga cukup bagus untuk penanaman padi. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Merauke Mengaku Sudah Bisa Swasembada Beras