LK3 Terima Puluhan Pengaduan Masalah Rumah Tangga

share on:

Sampit, Jubi/Antara – Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Cahaya Nurani Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menerima puluhan pengaduan dari masyarakat terkait masalah rumah tangga.

“Masalah yang disampaikan seperti suami tidak bekerja, suami tidak pulang-pulang, masalah ekonomi, perselingkuhan, sampai penyalahgunaan narkoba dan minuman keras,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotim, Bima Eka Wardhana di Sampit, Kamis (15/1).

LK3 Cahaya Nurani memang sengaja dibentuk oleh Dinsosnakertrans untuk membantu masyarakat yang sedang menghadapi berbagai permasalahan keluarga seperti psikososial, konsultasi, informasi, perlindungan, penjangkauan,pendampingan dan rujukan.

Selama 2014 lalu LK3 Cahaya Nurani telah membantu enam orang dari pembahasan kasus dan 25 orang yang datang untuk konsultasi dan konseling terkait permasalahan rumah tangga yang mereka hadapi.

Konselor memberikan konsultasi dan pandangan-pandangan yang mungkin bisa menjadi solusi sehingga para klien dapat kembali menjalani kehidupan rumah tangganya dengan lebih baik.

LK3 dalam menjalankan kegiatannya bekerjasama dengan jejaring kerja, seperti lembaga adat, lembaga bantuan hukum, lembaga pelayanan kesejahteraan sosial, pelayanan kesehatan, dunia usaha, pendidikan hingga media massa.

Orang-orang yang dipercaya mengelola LK3 Cahaya Nurani juga merupakan orang-orang berkompeten dengan berbagai latar belakang keilmuan seperti psikolog, dokter, ahli hukum dan lainnya.

Bima berharap masyarakat yang sedang menghadapi masalah keluarga bisa memanfaatkan LK3 Cahaya Nurani untuk berkonsultasi. Selain tidak dipungut biaya, konselor juga akan menjamin kerahasiaan masalah yang disampaikan warga.

“Masih banyak masyarakat kita yang malu atau menganggap tabu mengungkapkan masalah pribadi yang dihadapinya. Kami terus menyosialisasikan keberadaan LK3 Cahaya Nurani ini untuk membantu masyarakat kita yang sedang menghadapi masalah. Mudah-mudahan ini bisa membantu mencarikan solusi,” kata Bima. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LK3 Terima Puluhan Pengaduan Masalah Rumah Tangga