Siswa SD dan Menengah di PNG Dilarang Gunakan Ponsel di Sekolah

share on:
Murid-murid salah satu sekolah dasar di Goroka, Papua Nugini-Catherine Wilson/IPS. (www.globalissues.org)
Murid-murid salah satu sekolah dasar di Goroka, Papua Nugini-Catherine Wilson/IPS. (www.globalissues.org)

Jayapura, Jubi – Pemerintah Papua Nugini melarang penggunaan ponsel di sekolah dasar dan menengah karena dinilai mengganggu para siswa dari program belajar-mengajar.

Larangan tersebut dikeluarkan Gubernur Provinsi Enga, Peter Ipatas seperti dilansir pngfacts.com edisi Kamis (15/1). Gubernur mengatakan, ponsel mengganggu siswa dari belajarnya.

“Bahkan orang dewasa terganggu oleh ponsel jadi hanya membandingkan bahwa gangguan juga ada untuk anak-anak di sekolah,” kata Ipatas, seperti dikutip pngfacts.com, Kamis.

“Siswa di perguruan tinggi menggunakan ponsel, itu masuk akal. Tapi, kenapa kita memberikan ponsel untuk siswa sekolah dasar dan menengah,” lanjut Gubernur Ipatas.

Ipatas mengatakan, siswa harus memahami bahwa pendidikan itu penting dalam hidup mereka.
“Siswa harus mengambil keuntungan dari kebijakan pendidikan gratis dan mengambil hak pendidikan mereka,” katanya.

Gubernur mengatakan, dengan ponsel para siswa dapat mengakses internet dan menggunakan jaringan sosial. Melalui itu, menurut Gubernur, para siswa akan malas dan tidak mengerjakan tugas sekolahnya.

“Ponsel merusak anak-anak kita dan membuat mereka menjadi malas dan tergantung,” kata Ipatas.

Dia menambahkan bahwa orang tua dan guru tidak harus membolehkan siswa sekolah dasar dan menengah untuk menggunakan ponsel.

“Harus ada aturan di sekolah menengah dan dasar untuk melarang siswa menggunakan ponsel,” kata Ipatas.

“Dan orang tua tidak harus memberikan ponsel untuk anak-anak mereka karena membuat mereka malas dan tergantung. Papua Nugini bisa menjadi ilmuwan top dan dokter. Kita harus mulai dengan melatih orang-orang muda kita untuk memiliki rasa percaya diri sehingga mereka belajar untuk menjadi jujur dan pekerja keras,” kata Gubernur Ipatas. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Siswa SD dan Menengah di PNG Dilarang Gunakan Ponsel di Sekolah