PHRI Sumsel Fasilitasi Pembangunan 10 Hotel Baru

share on:

Palembang, Jubi/Antara – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan memfasilitasi pembangunan 10 hotel baru di Kota Palembang yang ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

“Pada tahun ini ada 10 investor yang siap membangun hotel baru kelas berbintang tiga ke atas. Dari jumlah itu, tiga di antaranya mulai melakukan tahap konstruksi,” kata Ketua PHRI Sumatera Selatan Herlan Aspiudin di Palembang, Jumat (16/1).

Menurut dia, semangat investor membangun hotel di daerah itu sempat “melesu” akibat kebijakan pemerintah pusat melarang pegawai negeri sipil melakukan rapat di hotel.

Namun, lanjut dia, setelah ada surat edaran dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara yang menyatakan tidak sepenuhnya melarang rapat di hotel dan dipastikannya Palembang tuan rumah Asian Games, para investor bersemangat kembali.

Semangat para investor untuk membangun hotel baru di Ibu Kota Provinsi Sumsel ini akan didorong agar tidak kendur kembali dengan memfasilitasi berbagai keperluan yang dapat memperlancar proses persiapan dan pembangunannya, katanya.

Ia mengatakan bahwa jumlah hotel di Kota Palembang dan beberapa daerah Sumatera Selatan lainnya terus bertambah seiring dengan daerah itu semakin sering menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan olahraga serta berbagai kegiatan lainnya berskala nasional dan internasional.

“Kota Palembang dalam lima tahun terakhir menjadi salah satu tempat tujuan investasi bidang perhotelan dan restoran karena setiap digelarnya kegiatan tingkat nasional dan internasional kamar hotel selalu ramai, bahkan ada yang sempat menolak tamu,” ujarnya.

Jumlah hotel kelas melati dan berbintang mencapai 140 unit. Jika ada kegiatan berskala nasional dan internasional, menurut dia, sering terjadi kekurangan kamar untuk menginap panitia pelaksana dan peserta.

Melihat kondisi tersebut, prospek pembangunan hotel baru masih relatif sangat baik sehingga banyak investor tertarik menanamkan modalnya untuk bisnis di sektor perhotelan.

“Dalam tahun 2014, misalnya, sedikitnya ada tiga hotel baru yang selesai dibangun dan mulai beroperasi melayani tamu untuk menginap atau sekadar makan, dan menyelenggarakan berbagai kegiatan mulai dari pelatihan, seminar, hingga rapat kerja,” ujar Herlan. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PHRI Sumsel Fasilitasi Pembangunan 10 Hotel Baru