Maret, Internasional Motor Cross Digelar di Kota Jayapura

share on:
Aksi Yosua Patipi Melakukan Jumping di Sirkuit Motor Cross Angkasa Indah Kota Jayapura Pada Sessi Latihan Hari Minggu (Jubi/Roberth Wanggai)
Aksi Yosua Patipi Melakukan Jumping di Sirkuit Motor Cross Angkasa Indah Kota Jayapura Pada Sessi Latihan Hari Minggu (Jubi/Roberth Wanggai)

Jayapura, Jubi – Awal Maret 2015, Pengprov IMI Papua akan menggelar Internasional Motor Cross di sirkuit Angkasa Indah Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura-Papua. Lomba Motor Cross ini diikuti oleh tiga negara, yakni Australia, Philipina dan Indonesia.

Wakil Ketua Panitia Pelaksana (Panpel), Imanuel Paitipi kepada Jubi, Minggu (18/1) di Sirkuit Motor Cross Angkasa Indah membenarkan hal itu.
“Kita rencana Maret awal gelar Internasional Motor Cross dan Gasstrack Open. Rencananya tiga negara yang ikut. Australia ada dua pembalap, sama Philipina satu pembalap,” kata pria yang akrab dengan panggilan Imel Patipi ini sembari menegaskan crosser asal Philipina sampai saat ini masih dikonfirmasi kepastian keikutsertaannya.

Untuk pembalap Nasional, Imel Patipi mengatakan dipastikan 8 pembalap.
“Untuk pembalap nasional kita bawa delapan, peringkat satu sampai delapan,” ujar anak mantan Gubernur Irian Jaya (Papua), Drs. Jacob Patipi.

Dia mengatakan pergelaran Internasional Motor Cross di sirkuit Angkasa Indah Kota Jayapura merupakan yang pertama dan sekaligus memperkenalkan sirkuit yang baru dibangun swadaya murni dari Imel Patipi tersebut.
“Selain mensyukuri tempat sirkuit yang baru, juga kami gelar kegiatan tersebut, karena di Papua even Internasional belum pernah digelar,” ungkapnya lagi.

Ditambahkan Imel Patipi, bahwa pengurus provinsi ikatan motor Indonesia (Pengprov IMI) Papua mendukung dan sudah diketahui oleh induk olahraga roda dua itu.  Imel panggilan akrabnya mengatakan mantan Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Papua, Irwan Idris didaulat sebagai Ketua Panitia pelaksana.

Saat ini andalan crosser Papua bertumpu pada kakak beradik Patipi bersaudara yang merupakan anak kandung dari Imel Patipi. Keduanya masing-masing Yosua Patipi dan Leon Patipi. Crosser andalan Papua, Yosua Patipi mengatakan akan berusaha semampunya.

Menurut Yosua kalau akhirnya pergelaran Internasional Motor Cross berhasil digelar di Jayapura, maka hal tersebut merupakan pengalaman Internasional yang kedua untuknya setelah yang pertama pernah dilakoninya di Thailand.
“Yang pertama di Thailand. Saat itu sudah posisi kedua, tapi jatuh, tidak finish,” ujar Yosua yang baru-baru ini mendapatkan IMI Award dari IMI Pusat karena berhasil menjuarai sejumlah seri kejuaraan di tanah air.

Sekretaris Pengprov IMI Papua, Roky Bebena mengatakan track record Josua Patipi cukup fantastis. Setelah 3 tahun berturut-turut jadi juara nasional pada motocross kelas MX2.
“Dan satu-satunya pembalap masa depan Papua dan Indonesia. Dalam usia 15 tahun, dia sudah punya mental juara yang hebat,” kata Roky Bebena.

Sirkuit Motor Cross Angkasa Indah dibangun diatas lahan seluas 5 hekar, termasuk lahan parkir. (Roberth Wanggai)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Maret, Internasional Motor Cross Digelar di Kota Jayapura