IPIM Diminta Revisi Hasil Penelitiannya

share on:
Wali Kota buka Seminar tentang Pendataan penduduk Asli Papua Non Port Numbay - Jubi/Arnold Belau
Wali Kota buka Seminar tentang Pendataan penduduk Asli Papua Non Port Numbay – Jubi/Arnold Belau

Jayapura, Jubi – “Tadi disampaikan, penelitian dilakukan hanya dalam dua bulan. Itu tidak cukup, mungkin juga penelitian ini dananya terbatas. Jangan asal-asal kita lakukan penelitian, tapi kalau lakukan penelitian, harus ada dampak terhadap kebijakan yang akan kita ambil. Itu yang saya harapkan,” kata Wali Kota Jayapura, kepada wartawan di kantor Wali kota, Selasa (20/01/2015).

Menurut wali kota, penelitian harus bermutu dan berkualitas. Hasil penelitian tentang populasi penduduk asli Papua non Port Numbay di Kota Jayapura yang dilakukan oleh Institut Penelitian Ilmiah Melanesia (IPIM) perlu diperbaiki kembali, apa maksud, tujuan dan juga metodologi penelitian yang dipakai. Hasil penelitian ini harus ada benang merahnya. Karena implikasi yang ditemukan dalam penelitian ini akan berdampak pada kebijakan di pemerintah kota Jayapura.

“Hasil ini harus diubah total. Kalau dananya kurang, mungkin tahun ini kita pusatkan di satu distrik. Nanti tahun berikutnya berlanjut sampai menghasilkan data yang valid dan akurat. Juga melibatkan RT/RW dan pendeta serta paguyuban yang ada di kota ini. Sebab mereka tahu berapa jumlah waraga mereka di kota ini,” katanya, usai menghadiri seminar hasil pendataan penduduk asli Papua non Port Numbay pada tahun 2014 yang dilakukan oleh IPIM.

Kata wali kota, hasil penelitian IPIM cukup bagus tapi kurang sempurna. Data-datanya sangat diperlukan oleh pemerintah kota dan provinsi untuk mengetahui jumlah orang asli Papua non Port Numbay yang ada di kota Jayapura.
“Supaya dana otsus yang dilontarkan tidak hanya berdasarkan luas wilayah tapi ini sesuai hasil rill,” kata wali kota.

Sementara itu, Marsum, salah satu anggota peneliti dari IPIM yang hadir dalam seminar sehari yang digelar oleh Bapeda Kota Jayapura bekerja sama dengan IPIM, kepada Jubi mengatakan, hasil seminar sehari berupa masukan, kritik dan saran yang sudah diberikan akan direvisi dalam waktu dekat.
“Pokoknya hasil seminar hari ini akan segera direvisi. Secepat-cepatnya,” kata Marsum tanpa menyebutkan waktu yang jelas. (Arnold Belau)

 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  IPIM Diminta Revisi Hasil Penelitiannya