Pemkot Gorontalo Bangun Rumah untuk Warga Miskin

share on:

Gorontalo, Jubi/Antara – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo akan membangun perumahan untuk warga berpenghasilan rendah (MBR), guna meringankan beban perekonomian dan kelayakan hidup.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha, Selasa (20/1), mengatakan pemerintah terus memperjuangkan nasib warga yang tidak mampu, untuk memiliki tempat hunian seperti perumahan.

Dia menjelaskan, program untuk membangun perumahan masyarakat berpenghasilan rendah tersebut, bekerja sama dengan pihak Bank Tabungan Negara (BTN) yang selama ini bergerak bidang tersebut.

“Rencana tersebut sudah dibicarakan dengan pihak Bank Tabungan Negara, dan mendapat respon yang positif sebab untuk membantu warga yang tidak mampu,” kata Maten.

Marten mengungkapkan, saat ini di Kota Gorontalo masih banyak warga yang tidak mampu belum memiliki rumah sendiri, bahkan banyak yang sudah berumah tangga masih menumpang dengan orang tua.

“Kebanyakan ada warga yang tidak mampu masih menumpang pada orang tua, sehingga terdapat satu rumah yang ditempati lebih dari satu kepala keluarga,” kata Marten.

Dia menjelaskan, rencana pembangunan perumahan MBR tersebut sudah final, sebab BTN siap bekerja sama untuk melaksaakan program tersebut, sebab cocok dengan apa yang telah menjadi tujuan BTN.

Untuk areal lahan tempat pembangunan perumahan tersebut, pemerintah daerah kata Marten, telah menyiapkannya di salah satu lokasi yang ada di Kecamatan Kota Barat.

“Lahan untuk pembangunan perumahan tersebut saat ini sudah siap dan tidak ada persoalan lagi, karena sudah dibebaskan,” kata Marten.

Menurut Marten, untuk rencana awal akan dibangun sebanyak 500 unit rumah dengan tipe 36, dan berapa uang muka serta kontraknya akan diatur oleh BTN. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemkot Gorontalo Bangun Rumah untuk Warga Miskin