KPAD Mimika Hentikan Program Taman HIV

share on:
Sekretaris KPAD Mimika, Reynold Ubra (Jubi/Istimewa)
Sekretaris KPAD Mimika, Reynold Ubra (Jubi/Istimewa)

Timika, Jubi – Komisi Penanggulangan AIDS/HIV Daerah (KPAD) Mimika telah menghentikan program pengarustamaan atau taman HIV pada delapan sekolah di Kabupaten Mimika.

Sekretaris KPAD Mimika, Reynold Ubra mengatakan tak ada alokasi dana dari APBD untuk program pengarustamaan HIV pada delapan sekolah, mengakibatkan program taman HIV yang berjalan sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 5 Tahun 2006 dihentikan.

“Dari 8 sekolah model mereka telah berkomitmen kalau program tersebut tetap mereka lanjutkan meskipun tidak didukung dengan dana. Mereka berupaya dengan seluruh sumber dana yang ada di sekolah untuk melanjutkan program taman HIV dan kami siap untuk mendampinggi meskipun tidak dengan dana,” ujar Sekretaris KPAD Mimika, Reynold Ubra, di Timika, Rabu (21/1).

Pihaknya kini sedang mencari solusi agar program tersebut dapat dilanjutkan dengan mencari sumber dana dari berbagai pihak.

“Ada juga alternatif yang kami coba lakukan, negosiasi dengan lembaga donor di Mimika dan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Papua. Diharapkan agar dukungan ini bisa ada, sebenarnya lebih cocok ada pada Dinas Pendidikan karena HIV sebagai pintu masuk. Persoalan di kalangan remaja ini banyak orang bisa menyalahkan remaja tanpa tidak bisa berbuat apa-apa,” jelasnya.Ia mengaku belum melaporkan masalah ini kepada Bupati selaku ketua KPA Kabupaten.

Sementara itu, seorang pelajar di Timika, Menashe Robert mengakui program KPA Mimika banyak memberikan manfaat selain menerima informasi tentang bahaya penularan HIV/AIDS. (Eveerth Joumilena)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPAD Mimika Hentikan Program Taman HIV