Lampung Selatan Usulkan Bantuan Cadangan Bibit

share on:

Kalianda, Jubi/Antara – Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura (DPTPH) Kabupaten Lampung Selatan mengusulkan kepada PT Pertani untuk bantuan cadangan bibit kepada petani setempat yang sawahnya terendam banjir.

“Bantuan ini akan diberikan kepada sejumlah petani di Kecamatan Candipuro pascajebolnya tanggul aliran Sungai Katibung yang merendam 90,5 hektare lahan persawahan di lima desa,” kata Kepala Seksi Tanaman Padi dan Jagung DPTPH Lampung Selatan Zulkifli di Kalianda, Kamis (22/1).

Pihaknya telah mengirim surat kepada PT Pertani yang menangani perbenihan provinsi agar dapat disetujui dan disalurkan kepada para petani pada musim tanam awal tahun ini.

Ia mengatakan DPTPH Lampung Selatan akan meminta cadangan bibit daerah (CBD) 2,262 ton untuk Desa Sinar Pasemah, Beringin Kencana, Banyumas, Karya Mulyasari, dan Sidoasri.

Zulkifli menjelaskan jebolnya tanggul di aliran Sungai Katibung beberapa waktu lalu tidak menyebabkan petani gagal panen. Akan tetapi, katanya, mereka hanya gagal tanam karena banjir tersebut merendam lahan persawahan padi yang baru ditanami.

“Kalau kerugiannya belum terdeteksi, tapi nggak terlalu besar, karena baru proses tanam, usia padi baru sekitar 4-12 hari,” katanya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Lampung Selatan Usulkan Bantuan Cadangan Bibit