Rumah dan Tanaman Masyarakat di Distrik Waan Terendam Banjir

share on:
bencana
Masyarakat di Distrik Waan yang sedang berada di pantai. Jubi/Frans L Kobun

Merauke, Jubi- Asisten I Setda Merauke, Agustinus Joko Guritno mengatakan, pihaknya baru mendapatkan laporan jika rumah dan tanaman berupa ubi dan pisang milik masyarakat di kampung-kampung di Distrik Waan, terendam banjir setinggi satu meter.

“Saya baru mendapatkan pesan singkat yang dikirim mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Dominikus Ulukyanan dari Distrik Waan yang menyampaikan kondisi seperti demikian. Memang dalam beberapa minggu terakhir, terjadi angin kencang disertai hujan lebat,” ujar Guritno kepada Jubi di Distrik Semangga Kamis (22/1).

Lebih lanjut Guritno menjelaskan, beberapa waktu lalu, dirinya baru pulang dari Kampung Konorauw, Distrik Waan untuk memberikan bantuan setelah kurang lebih delapan rumah warga disana, mengalami kerusakan akibat diterjang angin kencang.
“Saat itu, saya mendapat penugasan langsung dari Bupati Merauke, Romanus Mbaraka untuk langsung ke Kampung Konorauw melihat kondisi perumahan masyarakat yang diterjang angin kencang pada tanggal 8 Januari 2014. Memang ada beberapa rumah yang rubuh dan atapnya terangkat,” ujarnya.

Saat kejadian, lanjut dia, masyarakat setempat sedang berada di bevak-bevak dan tidak di rumah. Sehingga tak ada korban jiwa.
“Saya membawa uang senilai Rp 65 juta yang merupakan bantuan dari pemerintah bagi masyarakat di kampung tersebut,” katanya.

Setiap kepala keluarga, katanya, mendapatkan uang senilai Rp 5 juta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari termasuk memperbaiki rumahnya yang rusak.
“Memang masih ada sisa uang dan saya menyerahkan secara langsung kepada Kepala Kampung Tomerauw untuk dapat dimanfaatkan juga,” katanya.

Menyinggung laporan dari mantan anggota dewan tentang banjir yang menggenangi tanaman warga, Guritno mengatakan, pihaknya akan melaporkan terlebih dahulu kepada bupati sekaligus mendapat petunjuk lebih lanjut.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka  beberapa waktu lalu membenarkan adanya musibah yang dialami masyarakat di Kampung Konorauw.
“Betul, saya tugaskan Asisten I Setda Merauke untuk datang ke kampung dan melihat kondisi sebenarnya,” ujar bupati. (Frans L Kobun)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Rumah dan Tanaman Masyarakat di Distrik Waan Terendam Banjir