MSG Bentuk “Solusi Melanesia” Dalam Tubuh Sub-Regional

share on:
Para pemimpin MSG. (Foto: RNZI)
Para pemimpin MSG. (Foto: RNZI)

Jayapura, Jubi – Forum Melanesian Spearhead Group (MSG) membentuk ‘solusi melanesia’ dalam tubuh sub-regional organisasi itu. Setelah dibangun pertama di Port Vila, Vanuatu akhir pekan lalu, bagan organisasi untuk solusi negara-negara di kawasan Pasifik ini akan dibangun di negara-negara anggota MSG lainnya.

Laporan Radio New Zealand edisi Senin (26/1) mengatakan, para Menteri Luar Negeri MSG telah menyepakati pembentukan satu bagian komersial dalam tubuh sub-regional. Pembentukan ini sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan di Vanuatu pada Jumat (23/1).

Direktur Operasi di Sekretariat MSG, Jean-Pierre Nirua, mengatakan formasi baru ini akan disebut Solusi Melanesia dan bisa menjadi bagian penting dari program-program MSG.

“Setelah entitas yang menjadi operasional, ada kemungkinan untuk mendirikan cabang di negara-negara anggota,” kata Nirua seperti dikutip Radio New Zealand, Senin (26/1).

Nirua mengatakan, pihaknya mengaharapkan keterlibatan semua negara anggota MSG untuk membantu mempertahankan keberlangsungan forum negara-negara di kawasan Pasifik tersebut.

Pada dasarnya untuk terlibat dalam kegiatan yang menghasilkan pendapatan untuk membantu mempertahankan, program sekretariat dan tentu saja aspirasi para pemimpin dan keputusan menteri,” lagi kata Nirua.

Pertemuan akhir pekan lalu di ibu kota Vanuatu, Port Vila yang dipimpin oleh Michael Forrest, dihadiri oleh para Menteri Luar Negeri seperti Fiji, Vanuatu dan Kepulauan Solomon.

Michael Forrest merupakan Sekretaris Tetap FLNKS Kaledonia Baru. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MSG Bentuk “Solusi Melanesia” Dalam Tubuh Sub-Regional