Papua Agendakan Empat Rumah Sakit Tipe B

share on:

Jayapura, Jubi/Antara – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengagendakan peningkatan satus empat rumah sakit regional di daerah itu menjadi rumah sakit tipe B.

“Empat rumah sakit regional yang rencana tiga tahun kedepan kami upayakan peningkatkan statusnya menjadi rumah sakit tipe B,” kata Kepala Dinas Kesehatan Papua drg Aloysius Giyai, di Jayapura, Selasa (27/1).

Keenam rumah sakit regional yang direncankan peningkatan statusnya menjadi rumah sakit tipe B yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, RSUD Abepura, RSUD Mimika dan RSUD Biak.
“Baru saja RSUD Biak melaporkan berkasnya ke kami dan saya lihat lengkap,” katanya.

Menurut Aloysius ada undang-undang baru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyatakan bahwa Kemenkes menyerahkan sepenuhnya sertifikasi penilaian oleh Dinas Kesehatan Provinsi layak tidak dan memenuhi standar pengembangan sebuah rumah sakit yang diusulkan untuk peningkatan statusnya.
“Tahun depan kami agendakan dua rumah sakit lagi untuk peningkatan statusnya menjadi rumah sakit tipe B,” ujarnya.

Aloysius yang pernah menjabat direktur RSUD Abepura itu mengatakan kedua rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire dan RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya. Selain itu, katanya ada enam rumah sakit sub regional yang sudah teraplikasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM)) Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan juga masuk dalam agenda Kementerian Kesehatan RI.

Keenam rumah sakit tersebut yakni RSUD Paniai, RSUD Yapen, RSUD Boven Digoel, RSUD Kwaingga Keerom, RSUD Lanny Jaya, dan RSUD Pegunungan Bintang.
“Pengembangan enam rumah sakit sub regional tersebut sudah terdaftar dan akan ditindak lanjuti pengembangannya,” kata Aloysius.

Mantan Kepala Puskesmas Koya itu menambahkan keenam rumah sakit sub regional tersebut akan membeckap pelayannan kesehatan di rumah sakit tipe B.
“Jadi nanti alur pelayanan kesehatan pasien yang akan diterapkan kedepannya di Papua yaitu pertama pelayanan di Puskesmas naik ke rumah sakit pratama, rumah sakit tipe D, rumah sakit sub regional, rumah sakit tipe B regional baru naik rumah sakit rujukan nasional yakni RSUD dok II Jayapura,” katanya. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Papua Agendakan Empat Rumah Sakit Tipe B