Anggota DPR Papua Sayangkan Pembubaran Demo Mahasiswa

share on:
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurens Kadepa - Jubi/Arjuna
Anggota Komisi I DPR Papua, Laurens Kadepa – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM, Laurens Kadepa menyayangkan sikap Polisi Sektor (Polsek) Abepura, Kota Jayapura yang membubarkan demo puluhan mahasiswa, Kamis (29/1/2015).

Menurutnya, pembubaran demo menuntut penyelesaian kasus penembakan yang menewaskan empat warga di Paniai beberapa waktu lalu, tak dibenarkan. Apalagi menyampaikan aspirasi di muka umum dijamin undang-undang.

“Saya dapat informasi, polisi membubarkan aksi mahasiswa yang demo terkait kasus Paniai. Itu saya sayangkan. Selama mereka tak anarkis, sah-sah saja mereka demo menuntut penyelesaian kasus Paniai. Mereka ini hanya ingin mengingatkan pihak terkait, kalau hingga kini kasus itu belum ada titik terang,” kata Laurens Kadepa ketika menghubungi Jubi, Kamis (29/1/2015) petang.

Kata legislator dari daerah pemilihan Intan Jaya, Deiyai, Dogoyai, Paniai, Nabire, dan Timika itu, meski sudah ada tim yang dibentuk Polri, juga Komnas HAM untuk menyelidiki kasus Paniai, namuh hingga kini belum ada hasilnya.

“Sampai sekarang kasus ini masih belum jelas, siapa pelakunya dan siapa pihak yang bertanggungjawab. Inilah yang dituntut mahasiswa. Mereka ingin kasus itu ada titik terang. Ini menyangkut nyawa manusia. Keadilan kepada korban dan keluarga korban,” ucapnya.

Pada Rabu (28/1/2015), aksi demo yang dilakukan puluhan mahasiswa dari Forum Independen Mahasiswa (FIM) di Kantor Pos, Abepura dibubarkan Polsek setempat. Alasannya, tak ada ijin.

“Aksi kami dibubarkan paksa oleh polisi dari Polsek Abepura. Tak ada komunikasi terlebih dahulu. Padahal kami melakukan demo damai. Alasannya surat ijin kami ke Polda Papua, tak sampai ke Polsek Abepura,” kata Juru Bicara FIM, Melianus Duwitau kepada Jubi, Rabu (28/1/2015). (Arjuna Pademme)

Editor : Albert Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anggota DPR Papua Sayangkan Pembubaran Demo Mahasiswa