Baznas Bangka Tengah Himpun Zakat Rp 2,3 Miliar

share on:

Koba, Jubi/Antara – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, pada tahun 2014 berhasil menghimpun dana zakat sebesar Rp2,3 miliar dari berbagai kalangan.

“Penghimpunan zakat ini melebihi target yang ditetapkan hingga akhir tahun 2014 yakni sebesar Rp2 miliar,” kata Wakil Ketua Baznas Bangka Tengah, Ali Imron, di Koba, Jumat (30/1).

Ia menjelaskan pengumpulan zakat tersebut terbesar dibanding kabupaten lain di Bangka Belitung dan masuk 10 besar pengelolaan zakat terbaik secara nasional.

“Tahun ini kami menargetkan pengumpulan zakat infak dan sedekah sebesar Rp2,3 miliar, kami optimistis target itu bisa tercapai,” ujarnya.

Ia menjelaskan, zakat tersebut banyak terhimpun dari pegawai negeri sipil yang bekerja di sejumlah instansi pemerintahan di daerah itu.

“Keasadaran aparatur negara untuk menunaikan zakatnya terus meningkat setiap tahun, ini juga tidak lepas dari dukungan penuh dari kepala daerah dan sistem penghimpunan zakat yang kami lakukan,” ujarnya.

Ia menjelaskan pihak Baznas Bangka Tengah menunjuk satu orang di setiap instansi pemerintahan yang bertugas untuk mengumpulkan zakat.

“Dengan demikian, maka terakomodir dan lebih memudahkan para aparatur negara untuk menunaikan zakatnya,” ujarnya.

Ia mengaku terus menyosialisasikan fungsi dan manfaat zakat kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam menunaikan zakatnya

“Selain itu kami terus memperkuat kapasitas sebagai lembaga yang benar-benar dipercaya dalam menghimpun dan menyalurkan zakat kepada mereka yang berhak menerimanya,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini sosialisasi mulai difokuskan di lembaga swasta dan sejumlah sekolah umum dan berbasis agama Islam.

“Khusus untuk penghimpunan zakat dari lembaga pemerintahan, tercatat Dinas Kesehatan penghimpunan zakat tertinggi pada 2014,” ujarnya. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Baznas Bangka Tengah Himpun Zakat Rp 2,3 Miliar