Anggota DPR Papua Desak Pelantikan DPRD Yahukimo

share on:
 Arnggota DPR Papua Dapil Yahukimo, Natan Pahabol - Jubi/Arjuna
Arnggota DPR Papua Dapil Yahukimo, Natan Pahabol – Jubi/Arjuna

Jayapura, Jubi – Anggota DPR Papua dati daerah pemilihan Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang, Natal Pahabol meminta Bupati Yahukimo, Ones Pahabol mempercepat usulan SK pelantikan 35 anggota DPRD terpilih di daerah itu.

Katanya, bupati setempat yang juga pimpinan salah satu partai politik di daerah itu, belum menindaklanjuti rekomendasi KPUD Yahukimo mengenai anggota DPRD terpilih. Ones Pahabol masih mempermasalahkan perolehan suara ketika Pemilihan Legisalatif (Pileg) pada April 2014 lalu. Padahal proses sengketa Pileg sudah selesai.

Menurutnya, selama ini setiap memberikan sambutan diacara resmi, Ones Pahabol selalu mengatasnamakan Tuhan, dan ingin Papua jadi tanah damai, tanpa perpecahan.Tapi sayang, ia tak punya niat baik menyelesaikan proses pelantikan anggota DPRD Yahukimo terpilih.

“Ini bisa saja menimbulkan pergesekan di masyarakat. Apakah ini yang disebut damai sejahtera dan tak ada perpecahan?” kata Natan Pahabol, Sabtu (31/1/2015).

Katanya, Ones Pahabol merupakan figur anak Yahukimo yang luar biasa. Dia orang Yali, Kubla, Kimial, pertama jadi bupati, dan anak Yahukimo pertama yang bergelar doktor. Namun kini ia mempergunakan kelebihannya itu memperkeruah situasi.

“Masalah sengketa Pileg sudah selesai. Ketua KPUD Yahukimo sudah diberhentikan karena dianggap melanggar aturan. Namun ketika KPUD merekomendasikan nama yang sudah disahkan ke bupati untuk diproses SK pelantikannya, ia menahan usulan dari KPUD,” ucapnya.

Kata Natan, kini bukan waktunya lagi bicara persaingan politik. Masa itu telah berlalu. Sekarang saatnya bersatu membangun daerah. Ia berharap, bupati setempat bersikap bijaksana agar tak terjadi perpecahan di masyarakat.

Pada suatu kesempatan, anggota DPR Papua lainnya asal Yahukimo, Sunit Busup juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, proses pelantikan anggota DPRD Yahukimo terpilih diintervensi bupati setempat. (Arjuna Pademme)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Anggota DPR Papua Desak Pelantikan DPRD Yahukimo