LSM Rumsram Mitra Pemda Biak Yang Sangat Baik

share on:

Biak, Jubi – Yayasan Rumsram (Lembaga Swadaya Masyarakat Rumsram) adalah mitra Pemerintah Daerah Biak Numfor, Papua yang sangat baik, karena berperan membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri, lingkungan dan Kampung.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Kampung Warsansan Distrik Biak Utara, Elia Makuker, menjawab pertanyaan Jubi, Senin (2/2/2015) siang, soal kehadiran LSM Rumsram di kampungnya dan kampung-kampung lain di Distrik Biak Utara Kabupaten Biak Numfor,Papua.

Ia mengatakan kehadiran LSM Rumsram di kampungnya turut mendorong meningkatnya derajat kesehatan masyarakat kampungnya. Buktinya, semenjak program promosi sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berjalan dikampungnya, hingga saat ini tidak ada masyarakat kampung yang sakit parah karena penyakit berbasis lingkungan.

“Seperti diare dan penyakit lingkungan lainnya yang berbahaya. Mungkin hanya malaria saja yang ada, tapi tidak seberapa. Itu pun pada masyarakat yang tiap hari di kebun dan tidak istirahat baik sehingga bisa kena malaria,” ujarnya.

Selain membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri, lingkungan dan kampung, LSM Rumsram menurut Makuker juga berperan meningkatkan kesadaran masyarakat mengelola potensi hutan dan laut yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga

Saat ini semua keluarga di kampungnya telah memiliki lahan kebun masing-masing dan tidak berharap kepada bantuan pemerintah.

Hal senada juga disampaikan Ketua Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) Warsansan, Agustinus Bransik. Ia mengatakan kehadiran dan peran Rumsram sangat baik di kampungnya, hanya saja untuk saat ini promosi kurang gencar lagi dilakukan oleh Rumsram sehingga ia berharap kiranya bisa dilakukan kembali.

“Relawan mereka yang ada di kampung memang ada tapi mereka minta dibayar baru bisa promosikan STBM kepada masyarakat. Mereka bilang daripada promosi STBM tidak dapat bayar lebih baik ke kebun bisa dapat uang dan makanan,”ujar Bransik. (Marten Boseren)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LSM Rumsram Mitra Pemda Biak Yang Sangat Baik