Pemerintah Jepang Repatriasi Kerangka Tentara Jepang

share on:
Bupati Jayapura ketika menerima cindera mata dari Mr. Yamamoto. Jubi / Engelberth Wally
Bupati Jayapura ketika menerima cindera mata dari Mr. Yamamoto. Jubi / Engelberth Wally

Sentani, Jubi – Pemerintah Jepang akan berkunjung ke goa-goa bekas pertahanan tentara Jepang saat Perang Dunia Kedua di Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Biak. Tim sudah lakukan pertemuan bersama dengan Pemerintah Indonesia dan Jepang terkait pemulangan tulang belulang tentara Jepang yang tewas saat Perang Pasifik.

“Sebagai informasi bagi kita semua, kita sudah melakukan pertemuan bersama antara pemerintah Indonesia dan Jepang di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terkait repatriasi kerangka tentara jepang yang ada di Papua khususnya Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Biak. Rencana mereka pada, Sabtu( 31/1) setelah pertemuan di sini akan berkunjung ke Kampung Puai untuk melihat gua – gua Jepang yang ada di kampung tersebut,selanjutnya setelah dari Kampung Puai tim akan berkunjung ke Kabupaten Biak,” kata Bupati Jayapura Matius Awoitau dalam sambutannya, ketika menerima kunjungan tim Kementerian Kesehatan Tenaga Kerja dan Kesejateraan Rakyat Jepang di kediaman Bupati Jayapura, Sabtu (31/1/2015).

Menurut Bupati, pertemuan yang di laksanakan di Jakarta, Jumat(30/1) adalah membahas pasal demi pasal yang termuat dalam Memory of Understanding (MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Jepang tentang repatriasi kerangka tentara Jepang yang ada di sini, di mana MoU itu sendiri akan berlaku sampai dengan November ,dan kemunggkinan besar kegiatan repatriasi tersebut bisa dilaksanakan sebanyak dua kali di Oktober,”kata Bupati Jayapura.

Bupati Jayapura menambahkan,dalam pembicaraan MoU tersebut belum menyangkut kesepakatan Pemerintah Jepang untuk membangun tugu sejarah di setiap tempat di mana repatriasi itu dilakukan. “Hal ini di maksud agar ada cerita sejarah bagi masyarakat setempat secara khusus dan daerah secara umum,”katanya

Sementara di tempat yang sama tuan Yamamoto dari Kementerian Kesehatan Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat Jepang dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan kedatangannya ke Papua adalah untuk mengambil kerangka tentara jepang di Papua.
“ Sebagai manusia kita pasti akan mengingat siapa orang tua kita, walaupun itu sudah termakan usia dan telah tiada di masa yang lalu, kami juga menyampaikan banyak terim kasih kepada pemerintah daerah di sini serta seluruh masyarakat yang akan membantu kami dalam proses repatriasi nanti,” kata Yamamoto. (Engelberth Wally)

Editor : Albert Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Pemerintah Jepang  Repatriasi  Kerangka  Tentara Jepang