Bupati dan Pimpinan SKPD di Papua Diminta Pro Aktif

share on:
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen Saat Berikan Cinderamata ke Ketua Tim BAP DPD RI, Abdul Gaffar Usman Yang Didampingi Anggota DPD. Jubi-Alex
Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen Saat Berikan Cinderamata ke Ketua Tim BAP DPD RI, Abdul Gaffar Usman Yang Didampingi Anggota DPD. Jubi-Alex

Jayapura, Jubi – Badan Akuntabilitas Publik (BAP) Dewan Perwakilan Daerah RI meminta para bupati dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersikap pro aktif dan terbuka dalam menyampaikan setiap persoalan yang ada, terutama soal hasil temuan BPK.

“Kami datang disini ingin jadi teman yang baik, mengingatkan bapak/ibu jika ada temua BPK tentang kerugian Negara. Secara materi kita akan kejar terus, namun secara moral akan merembes kepada keluarga, dan secara structural anda akan hilang jabatan itu,” kata Ketua Tim BAP DPD RI, Abdul Gaffar Usman kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Selasa (3/2/2015).

Menurut Abdul, temuan BPK akan ditindaklanjuti dengan berharap semuanya nyaman, senang dan tenang. “Jika ini bapak/ibu lakukan, Menteri Keuangan sampai hari ini masih komit dengan kami, dimana apabila hasil temuannya WTP, APBDnya tepat waktu, IPMnya meningkat akan mendapat reward Rp20 miliar,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan Pemerintah Provinsi Papua telah membuat sejumlah regulasi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

“Kami telah membentuk Unit Layanan Pengadaan (ULP), dimana semua kegiatan pengadaan tender proyek tersentral dan secara transparan,” kata Hery Dosinaen.

Setelah dibentuk ULP, ujar Dosinaen, Papua telah menduduki urutan nomor tiga se Indonesia untuk pengadaan tender. Sebelumnya tahun 2012, Papua menjadi urutan ke 500, 2012 urutan ke 200.

“Tahun ini Papua sudah urutan ke 20 dengan membentuk instrument regulasi yang semuanya tentunya kami provinsi dan kabupaten, dengan arahan bimbingan dari BPK yang terus intens dan berkonsentrasi lakukan pembenahan hal yang tentunya bermuara pada ketertiban administrasi yang lebih baik,” ucapnya. (Alexander Loen)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bupati dan Pimpinan SKPD di Papua Diminta Pro Aktif