Bainimarama Hapus Union Jack dari Bendera Fiji

share on:
Bendera Fiji. (Foto: pencarian gambar gratis di google)
Bendera Fiji. (Foto: pencarian gambar gratis di google)

Jakarta, Jubi – Tahun ini, bendera Kepulauan Fiji akan diubah. Gambar Union Jack di sudut kiri atas bendera akan dihapus dan diganti dengan desain yang melambangkan negara pasifik, bukan bekas jajahan Inggris.

Rencana penggantian desain pada bendera negara Kepulauan Fiji itu disampaikan Perdana Menteri Frank Bainimara, seperti dikutip Radio New Zealand, Rabu, 4 Februari 2015.

PM Bainimarama mengatakan, negaranya ingin menunjukkan pada dunia bahwa negara Kepulauan Fiji merupakan negara bangsa modern dan benar-benar independen. Pihaknya tak lagi ingin membawa “Union Jack” dalam simbol negaranya yang menunjukkan sebuah negara bekas terjajah Inggris.

PM Bainimarama mengaku, bendera saat ini telah melayani negara dengan baik sejak kemerdekaan pada tahun 1970. Namun, saat ini dinilainya telah usang.

Bendera Fiji adalah biru muda dengan Union Jack di sudut kiri atas.

PM Bainimarama menyarankan, penambahan gambar lain pada bendera yang melambangkan negara kepulauan Pasifik, namun tidak ada kaitannya dengan Fiji modern. Termasuk perisai dengan salib St George dan singa Inggris, bersama gula tebu, pisang, pohon kelapa dan merpati perdamaian.

Untuk mendapatkan bendera dengan desain yang baru, pemerintah Fiji akan menyelenggarakan kompetisi nasional dan dilakukan menjelang ulang tahun kemerdekaan Fiji yang ke-45 pada 11 Oktober tahun ini.

“Kompetisi nasional untuk merancang bendera baru akan digelar, dengan tujuan mengangkat itu pada 11 Oktober tahun ini, (saat) ulang tahun ke-45 kemerdekaan,” kata PM Bainimarama seperti dikutip Radio New Zealand, Rabu. (Yuliana Lantipo)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Bainimarama Hapus Union Jack dari Bendera Fiji