Akademisi Dorong Nelayan Jaga Potensi Bahari

share on:

Denpasar, Jubi/Antara – Akademisi perikanan dan ilmu kelautan dari Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa, Denpasar, Ir I Gede Sudiarta MSi, mendorong seluruh nelayan yang ada di Bali agar selalu menjaga potensi bahari.

“Dengan menjaga sumber daya bahari yang kita miliki para nelayan tidak akan sulit lagi mencari ikan dan berpotensi untuk pengembangan wisata laut,” ujar Gede Sudiarta, di Denpasar, Minggu (8/2/2015).

Dengan menjaga semua potensi alam bahari yang ada, harap dia, dapat memperkuat produksi kelautan dan perikanan dan Bali dapat menjadi destinasi wisata dunia laut. Untuk itu, ia mengharapkan pemahaman nelayan terhadap penggunaan alat saat menangkap ikan harus lebih ditingkatkan kembali.
“Saat ini nelayan di Bali sudah memahami aturan penangkapan ikan dan pengelolaan sumber daya kelautan yang ada didaerahnya,” ujar I Gede Sudiarta yang juga sebagai dosen manajemen sumber daya perairan pesisir di kampus tersebut.

Pihaknya mengharapkan ke depannya potensi sumber daya bahari tetap terjaga dan produksi perikanan di Bali terus meningkat. Selain itu, Pemerintah Provinsi Bali diharapkan memberikan stimulus kepada nelayan dengan memberikan bantuan alat untuk menangkap ikan. Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan para nelayan di daerah dapat mengelola sumber daya bahari dengan sebaik-baiknya untuk jangka waktu lama lebih lama.
“Dengan bersama-sama menjaga ekosistem laut tersebut, secara tidak langsung hasil tangkapan ikan nelayan lebih banyak lagi,” katanya. (*)

Editor : Victor Mambor
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Akademisi Dorong Nelayan Jaga Potensi Bahari