Dinas ESDM Tabalong Bangun PLT Pico Hidro

share on:

Tanjung, Jubi/Antara – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, tahun ini membangun Pembangkit Listrik Tenaga (PLT) Pico Hidro di Desa Salikung Kecamatan Muara Uya.

Kabid Energi dan Migas, Dinas ESDM Tabalong, Bambang Irawinadi di Tanjung, Senin (9/2/20150, mengatakan PLT Pico Hidro yang dibangun dengan kapasitas 3 kilowatt menggunakan dana APBD kabupaten 2015.

“Untuk pembangkit listrik tenaga pico hidro kita memanfaatkan bendungan yang sudah ada dengan harapan bisa memberikan pelayanan listrik bagi warga di Desa Salikung,” jelas Bambang.

Dengan kapasitas sekitar 3 kilowatt, pembangkit listrik tersebut mampu memberikan penerangan listrik sekitar 20 kepala keluarga (KK). Bambang menambahkan studi kelayakan untuk pembangungan PLT pico hidro sudah dilaksanakan dengan melibatkan tenaga teknis dari Lampung.

PLT pico hidro diakui Bambang menjadi sumber penerangan yang lebih murah dibanding dengan menggunakan lampu minyak selain itu juga lebih ramah lingkungan.

“Potensi air di Desa Salikung memang baik untuk dibangun pembangkit listrik tenaga pico hidro bahkan rencananya juga dibangun PLT mini hidro oleh investor asal Jakarta,” tambah Bambang lagi.

Selain itu Dinas ESDM Tabalong juga akan merealisasikan pembangunan 60 unit Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di dua kecamatan yakni Bintang Ara dan Muara Uya.

Masing-masing di Desa Salikung Kecamatan Muara Uya dan dua desa di Kecamatan Bintang Ara yakni Desa Dambung Raya dan Desa Kuwari.

Pembangunan 60 unit PLTS dari dana APBD kabupaten ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan listrik bagi sekitar 465 kepala keluarga yang tersebar di dua kecamatan tersebut. (*)

Editor : Dewi Wulandari
Sumber : Antara
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  Dinas ESDM Tabalong Bangun PLT Pico Hidro